9 Mei 2022 Adalah Peringatan Hari Kemenangan Rusia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

9 Mei 2022 Adalah Peringatan Hari Kemenangan Rusia, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Foto

9 Mei 2022 Adalah Peringatan Hari Kemenangan Rusia (Foto: Berbagai sumber)


9 Mei 2022 adalah peringatan Hari Kemenangan Rusia, yuk simak fakta, sejarah dan ulasannya di hari tersebut.

Pada 9 Mei 2022 masyarakat Rusia akan memperingati Hari Kemenangan. Tak hanya di tahun 2022 ini saja, Hari Kemenangan ini juga dirayakan masyarakat Rusia setiap tanggal 9 Mei di setiap tahunnya.

Selain itu, di tanggal 9 Mei ini, pemerintah Rusia menjadikan Hari Kemenangan ini sebagai hari libur nasional. Ada apa sebenarnya dengan tanggal 9 Mei di Rusia?

Baca Juga: 8 Mei 2022 Adalah Hari Palang Merah Internasional, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Berikut kami berikan fakta, sejarah dan ulasan peringatan Hari Kemenangan Rusia yang dijatuh di tanggal 9 Mei 2022.

Fakta dan Sejarah Hari Kemenangan Rusia

Hari Kemenangan Rusia adalah hari dimana masyarakat Rusia memperingati menyerahnya Jerman Nazi kepada Uni Soviet pada akhir Perang Dunia Kedua (PD II), tepatnya pada 9 Mei 1945.

Pada Mei 1945, Nazi menandatangani penyerahan tanpa syarat di PD II, menerima kekalahannya di Eropa. Dokumen legal ini mengakhiri pertempuran di kawasan tersebut.

Jerman secara resmi menghentikan semua operasi pada 8 Mei 1945 pukul 23:01 waktu setempat, atau pada 9 Mei 1945 di waktu Moskow, Rusia.

Maka dari itu, di beberapa negara di Eropa dan Amerika Serikat memperingati Hari Kemenangan (Victory Day) juga dikenal dengan VE (Victory in Europe) Day di setiap tanggal 8 Mei. Sementara di negara Rusia dan negara pecahan Uni Soviet memperingati Hari Kemenangan di setiap tanggal 9 Mei.

Hari Kemenangan mengakhiri perang panjang dan berdarah yang di dalamnya banyak keluarga di Uni Soviet kehilangan orang-orang terkasih.

Ulasan dan Tujuan Peringatan Hari Kemenangan Rusia

Selain untuk merayakan kemenangan Uni Soviet atas Jerman Nazi pada Perang Dunia II, Hari Kemenangan juga diperingati untuk mengenang pengorbanan warga dan militer Uni Soviet pada Perang Dunia II. Sebanyak 27 juta warga Soviet meninggal, di peristiwa yang disebut Rusia sebagai Perang Patriotik Besar tersebut.

Rencana Vladimir Putin di Hari Kemenangan

Di tahun 2022 ini, Presiden Rusia Vladimir Putin disebut akan menjadikan peringatan Hari Kemenangan ini sebagai propagandanya untuk mendeklarasikan perang terhadap Ukraina.

Seperti yang diketahui, pada Februari 2022, Rusia melakukan serangan militer ke Ukraina. Hal ini membuat Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan seluruh dunia mengutuk Rusia atas serangannya ini.

Selain mendeklarasikan perang, Vladimir Putin disebut akan mendeklarasikan kemenangan di Ukraina timur pada Hari Kemenangan yang jatuh di tanggal 9 Mei 2022.

Selain itu, beberapa rencana yang akan dilakukan Vladimir Putin Hari Kemenangan tersebut adalah mobilisasi sebagian di Rusia dan membingkai ulang konflik.

Baca Juga: Ukraina dan Putin Trending, Ledakan Terdengar Usai Presiden Rusia Umumkan Operasi Militer Gaes!

Nah, itulah fakta, sejarah dan ulasan peringatan Hari Kemenangan Rusia yang dijatuh di tanggal 9 Mei 2022.




9 Mei 20229 MeiHari Kemenangan RusiaHari KemenanganHari Kemenangan Uni SovietFakta Hari Kemenangan RusiaSejarah Hari Kemenangan RusiaUlasan Hari Kemenangan RusiaTujuan Hari Kemenangan RusiaPropaganda Hari Kemenangan Rusia

Share to: