8 Mei 2022 Adalah Hari Palang Merah Internasional, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

8 Mei 2022 Adalah Hari Palang Merah Internasional, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Foto

8 Mei 2022 Adalah Hari Palang Merah Internasional, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya (Foto: Instagram @icrc_indonesia)


8 Mei 2022 diperingati sebagai Hari Palang Merah Internasional, yuk simak fakta, sejarah dan ulasan dari hari tersebut.

Pada 8 Mei 2022 orang diseluruh dunia memperingati Hari Palang Merah Internasional. Tak hanya di tahun 2022, Hari Palang Merah Internasional juga diperingati setiap tahunnya di tanggal 8 Mei.

Tujuan peringatan Hari Palang Merah Internasional adalah sebagai apresiasi para relawan dalam aktivitas kemanusiaan.

Baca Juga: 24 April 2022 Adalah Hari Angkutan Nasional, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

Dan berikut kami berikan fakta, sejarah dan juga ulasan Hari Palang Merah Internasional yang jatuh di tanggal 8 Mei 2022.

Fakta Sejarah Hari Palang Merah Internasional

Hari Palang Merah Internasional ini diperingati untuk mengenang dan menghormati jasa Henry Dunant sebagai pencetus Palang Merah dan juga bapak Palang Merah dunia.

Henry Dunant adalah pengusaha dan aktivis sosial Swiss. Pada tahun 1859  Henry Duanant pergi ke Italia. Saat di perjalanan, ia menyaksikan pertempuran berdarah antara pasukan Prancis Sardinia dan Austria di dekat desa kecil Solferino.

Pertempuran itu menyebabkan sekitar 40.000 tentara tewas, terluka, dan hilang, baik tentara maupun penduduk di wilayah itu.

Pada tahun 1862 ,Henry Dunant menerbitkan sebuah buku dengan judul "A Memory of Solferino". Buku itu bercerita tentang bagaimana ia menyaksikan pertempuran tersebut.

Dalam bukunya, Henry Dunant mengajukan dua gagasan:

- Pertama, membentuk organisasi kemanusiaan internasional , yang dapat dipersiapkan pendiriannya pada masa damai untuk menolong para prajurit yang cedera di medan perang.

- Kedua, mengadakan perjanjian internasional guna melindungi prajurit yang cedera di medan perang serta perlindungan sukarelawan dan organisasi tersebut pada waktu memberikan pertolongan pada saat perang.

Pada tahun 1863, empat orang warga kota Jenewa bergabung dengan Henry Dunant untuk mengembangkan gagasan pertama tersebut. Mereka bersama-sama membentuk “Komite Internasional untuk bantuan para tentara yang cedera”, yang sekarang disebut Komite Internasional Palang Merah atau International Committee of the Red Cross (ICRC).

Komite tersebut berkembang hingga melahirkan organisasi sukarelawan yang bertugas untuk membantu bagian medis angkatan darat pada waktu perang. Organisasi tersebut sekarang disebut Perhimpunan Nasional Palang Merah atau Bulan Sabit Merah.

Untuk mengenang dan menghormati jasa Henry Dunant sebagai pencetus Palang Marah di dunia, maka hari kelahiran Henry Dunanti yakni 8 Mei dijadikan sebagai Hari Palang Merah Internasional.

Ulasan dan Tujuan Hari Palang Merah Internasional

Selain itu memperingati jasa Henry Dunant, tujuan diperingatinya Hari Palang Merah Internasional ini juga sebagai sebuah apresiasi untuk para relawan yang bekerja untuk aktivitas kemanusiaan.

Tema Hari Palang Merah Internasional

Melansir dari situs resmi Organisasi Palang Merah Dunia (IFRC), Hari Palang Merah Internasional 2022 mengusung tagar #BeHumanKIND. Tagar tersebut memiliki arti untuk meningkatkan rasa kemanusiaan terhadap sesama.

Baca Juga: 21 April 2022 Adalah Hari Kartini, Berikut Fakta Lengkap Ulasan dan Sejarahnya

Nah, itulah fakta, sejarah dan juga ulasan Hari Palang Merah Internasional yang jatuh di tanggal 8 Mei 2022.




8 Mei 20228 Mei hari apaHari Palang Merah InternasionalSejarah Hari Palang Merah InternasionalFakta Hari Palang Merah InternasionalUlasan Hari Palang Merah InternasionalTujuan Hari Palang Merah InternasionalTema Hari Palang Merah Internasional

Share to: