24 April 2022 Adalah Hari Angkutan Nasional, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

24 April 2022 Adalah Hari Angkutan Nasional, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

24 April 2022 Adalah Hari Angkutan Nasional, Berikut Fakta Sejarah dan Ulasannya

24 April 2022 Adalah Hari Angkutan Nasional (Foto: Instagram @damriindonesia)


24 April 2022 diperingati sebagai Hari Angkutan Nasional, yuk simak fakta, sejarah dan ulasan dari hari tersebut.

Pada 24 April 2022 masyarakat Indonesia memperingati Hari Angkutan Nasional. Hari Angkutan Nasional juga diperingati setiap tahunnya di tanggal 24 April.

Tujuan memperingati Hari Angkutan Nasional ini adalah untuk mengingat perkembangan sejarah angkutan di Indonesia yang bermula dari zaman pendudukan Jepang.

Baca Juga: 22 April 2022 Adalah Peringatan Hari Bumi, Berikut Tema Lengkap Ulasan Fakta dan Sejarahnya

Lalu, seperti apa fakta, sejarah dan ulsan dari Hari Angkutan Nasional? Daripada penasaran, yuk simak fakta, sejarah dan ulasan dari Hari Angkutan Nasional yang diperingati setiap tanggal 24 April.

Sejarah dan Ulasan Hari Angkutan Nasional

Sejarah Hari Angkutan Nasional ini berawal dari zaman pendudukan Jepang. Pada tahun 1943, terdapat dua usaha angkutan, Jawa Unyu Zigyosha angkutan khusus mengangkut barang dengan truk, gerobak atau cikar. Serta Jidousha Sokyoku  yang melayani angkutan penumpang dengan kendaraan bermotor atau bus.

Setelah merdeka pada tahun 1945, Jawa Unyuu Jidousha berubah nama menjadi Djawatan Pengangkoetan untuk angkutan barang dan Jidousha Sokyoku beralih menjadi Djawatan Angkutan Darat untuk angkutan penumpang.

Setahun berselang pada 25 November 1946, melalui Maklumat Menteri Perhubungan RI No.01/DAM/46, kedua jawatan itu digabungkan menjadi "Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia", disingkat DAMRI.

DAMRI diberikan tugas utama untuk menyelenggarakan pengangkutan darat dengan bus, truk, dan angkutan bermotor lainnya.

Pad tahun 1982 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 1984, DAMRI beralih status menjadi Perusahaan Umum (PERUM). Hal ini menandakan pula nama DAMRI berubah menjadi Perusahaan Umum DAMRI.

Fakta Tujuan Memperingati Hari Angkutan Nasional

Tujuan utama memperingati Hari Angkutan Nasional ini adalah untuk mengingat perkembangan sejarah angkutan di Indonesia.

Selain itu, Diperingati Hari Angkutan Nasional juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan transportasi umum, agar dapat mengurangi kemacetan terutama di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Baca Juga: 21 April 2022 Adalah Hari Kartini, Berikut Fakta Lengkap Ulasan dan Sejarahnya

Nah, itulah fakta, sejarah dan ulasan dari Hari Angkutan Nasional yang diperingati setiap tanggal 24 April.




24 April24 April 2022Hari Angkutan NasionalFakta Hari Angkutan NasionalSejarah Hari Angkutan NasionalUlisan Hari Angkutan NasionalTujuan memperingati Hari Angkutan Nasional

Share to: