Meski Anggaran Kecil, Erick Thohir Mampu Perlihatkan Kinerja Positif BUMN

Meski Anggaran Kecil, Erick Thohir Mampu Perlihatkan Kinerja Positif BUMN

Foto

Erick Thohir Mampu Perlihatkan Kinerja Positif BUMN (Foto: Istimewa)


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mampu memperlihatkan kinerja positif BUMN, meski anggaran kecil.

Hal ini diungkapkan Erick Thohir ketika menghadiri rapat kerja dengan Komisi VI DPR pada Selasa, 7 Juni 2022. Erick mengatakan bahwa BUMN tetap mampu memberi sumbangsih yang besar bagi negara, karena kementerian yang dipimpinnnya bekerja secara efektif dan kalkulatif.

Disebutkan pula oleh Erick Thohir, anggaran Kementerian BUMN pada 2020 sebanyak Rp 266 miliar, dan pada 2021 Rp 197 miliar usai dipotong karena Covid-19. Lalu, anggaran pada 2022 adalah Rp 208,2 miliar dan pada 2023 sebanyak Rp 232 miliar.

"Dukungan (anggaran) yang diberikan kepada Kementerian BUMN mungkin yang terkecil dibanding kementerian lain di seluruh Republik ini. Nah tentu kami tetap berharap tetap bekerja secara efisien dan kalkulatif. Tetapi memang jika tidak keberatan, kami tetap menginginkan anggaran tahun ini bisa tetap dijaga di angka 300-an (miliar rupiah)," kata Erick Thohir.

Meski anggaran kecil, Erick Thohir mengatakan bahwa Kementerian BUMN akan terus menjalankan tugas-tugas mereka dengan baik, seperti membuka lapangan pekerjaan hingga melakukan pendampingan kepada UMKM.

"Namun kami terus bisa memastikan pembukaan lapangan kerja, bagaimana kami juga terus melakukan pendampingan kepada UMKM dan terus juga menjaga daripada proyek-proyek strategis nasional," ujarnya.

Erick mengatakan bahwa total aset yang dikelola Kementerian BUMN saat ini mencapai Rp8.998 triliun. Sementara total pendapatan BUMN mencapai Rp1.983 triliun atau setara dengan 99 persen dari pendapatan APBN.

Selain itu, Erick memaparkan bahwa dividen BUMN yang disetor ke kas negara di tahun ini mencapai Rp 371 triliun. Laba ini mengalami peningkatan 10 kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Diakhir pemaparannya, Erick Thohir berterima kasih kepada seluruh jajarannya di Kementerian dan semua jajaran direksi BUMN serta pimpinan dan anggota Komisi IV yang terus mendorong melakukan konsolidasi di perusahaan-perusahaan BUMN.




Menteri BUMNErick ThohirKinerja postif BUMN

Share to: