Biodata dan Profil Tjahjo Kumolo: Umur, Agama dan Karier, Menpan RB Meninggal Dunia

Biodata dan Profil Tjahjo Kumolo: Umur, Agama dan Karier, Menpan RB Meninggal Dunia

Biodata dan Profil Tjahjo Kumolo: Umur, Agama dan Karier, Menpan RB Meninggal Dunia

Biodata dan Profil Tjahjo Kumolo (Foto: Berbagai sumber)


Berikut adalah biodata dan profil dari Tjahjo Kumolo lengkap umur, agama dan karier, Menpan RB yang telah meninggal dunia.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (Menpan RB) Tjahjo Kumolo telah meninggal dunia pada 1 Juli 2022 pukul 11.10 WIB.

Tjahjo Kumolo sendiri adalah seorang politikus yang berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. Tjahjo Kumolo lahir pada 1 Desember 1957, dan menganut agama Islam. Tjahjo Kumolo meninggal dunia di usia 64 tahun.

Baca Juga: Biografi dan Profil Helena Sukova, Ibunda Naisa Alifia Yuriza Meninggal Dunia

Bagaimana dengan sosoknya? Berikut adalah biodata dan profil dari Tjahjo Kumolo lengkap umur, agama dan karier, Menpan RB yang telah meninggal dunia.

1. Profil Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo adalah seorang politikus Indonesia yang berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. Tjahjo Kumolo sendiri lahir pada 1 Desember 1957 dan ia menganut agama Islam.

2. Karier Tjahjo Kumolo

Sebelum aktif menjadi Menpan RB, Tjahjo Kumolo aktif dalam kegiatan kepartaian. Karier politik Tjahjo Kumolo dimulai ketika ia menjadi kader partai Golkar pada tahun 1987. Kala itu, Tjahjo Kumolo berhasil menduduki kursi DPR Dapil Jawa Tengah periode 1987 dan 1992.

Di tahun 1990 sampai 1993, Tjahjo Kumolo pernah menjabat sebagai ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Pada tahun 1999, Tjahjo Kumolo pindah ke PDIP, dan kembali menduduki kursi DPR Dapil Jawa Tengah selama empat periode dari tahun 1999 hingga 2014.

Di tahun 2010-2015, Tjahjo Kumolo pernah menjabatt sebagai Sekretaris Jenderal DPP PDIP.

3. Menpan RB

Di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan  Wakil Presiden Ma'aruf Amin periode 2019-2024, Tjahjo Kumolo ditunjuk Jokowi untuk menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (Menpan RB) di Kabinet Indonesia Maju.

Ini bukan kali pertama Tjahjo Kumolo menjadi menteri. Tjahjo sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Indonesia di periode 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019 pada Kabinet Kerja masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

4. Meninggal Dunia

Pada Jumat, 1 Juli 2022 pukul 11.10 WIB, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia.

Kabar meninggalnya Tjahjo Kumolo ini dikonfirmasi langsung oleh Politisi PDI-P, Junimart Girsang.

Tjahjo Kumolo meninggal dunia di usia ke-64 tahun, dan ia pun meninggalkan seorang istri dan tiga orang anak.

Sebelumnya, kondisi Tjahjo Kumolo memang sedang memburuk, ia pun dirawat di rumah sakit sejak 20 Juni 2022. Sejak dirawat, Tjahjo sudah mulai tidak aktif sebagai menteri dan dalam kepartaian. Ia pun tidak menghadiri Rakernas II PDI-P pada 21 Juni 2022.

Dalam wawancara dengan Kompas TV, Junimart menyebutkan Tjahjo Kumolo dirawat karena komplikasi organ dalam.

5. Biodata Tjahjo Kumolo

Nama lengkap:Tjahjo Kumolo
Kota asal:Surakarta, Jawa Tengah
Tanggal lahir:1 Desember 1957
Tanggal meninggal dunia:1 Juli 2022
Umur:64 tahun
Agama:Islam
Pasangan:Erni Guntarti
Anak:3
Pendidikan:Universitas Diponegoro, Lembaga Ketahanan Nasional
Pekerjaan:Politikus

Baca Juga: Biodata dan Profil Rima Melati: Umur, Agama dan Karier, Aktris Senior Meninggal Dunia

Itulah, biodata dan profil dari Tjahjo Kumolo lengkap umur, agama dan karier, Menpan RB yang telah meninggal dunia.




Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi BirokrasiMenpan RBTjahjo KumoloTjahjo Kumolo meninggal duniaBiodata Tjahjo KumoloProfil Tjahjo KumoloUmur Tjahjo KumoloAgama Tjahjo KumoloKarier Tjahjo Kumolo

Share to: