Apa itu Jamur Ringworm Pada Kucing? Bisa Menular ke Manusia, Ini Cara Mengobatinya

Apa itu Jamur Ringworm Pada Kucing? Bisa Menular ke Manusia, Ini Cara Mengobatinya

Foto

Apa itu Jamur Ringworm Kucing? (foto: Pixabay)


Berikut adalah penjelasan tentang jamur kucing Ringworm yang bisa menular ke manusia. Bagaimana cara mengobatinya?

Ringworm pada kucing adalah infeksi jamur yang sangat menular dan terjadi di kulit. Penyakit ini Ini lebih sering terjadi pada anak kucing dan kucing berbulu panjang.

Ringworm merupakan penyakit zoonosis yang berarti dapat menyebar ke manusia, terutama orang-orang yang kekebalannya terganggu lho gaes!

Baca Juga: Arti Kata dan Makna Drunk Text, Istilah Viral Tentang Kebiasaan Saat Mabuk

Buat kamu pemilik dan pecinta kucing, wajib mengetahui tentang Ringworm yang bisa menular ke manusia lengkap dengan cara pengobatannya berikut ini.

Apa Itu Ringworm Pada Kucing?

Terlepas dari namanya, Ringworm sebenarnya tidak disebabkan oleh cacing sama sekali, melainkan sekelompok jamur yang disebut dermatofit dan dapat disebut dengan nama medisnya dermatofitosis.

Kondisi kulit yang umum ini adalah infeksi jamur yang memakan keratin di bulu, kulit, dan kuku kucing. Ini sering ditemukan di kepala, telinga, di sepanjang punggung punggung dan di kaki depan, tetapi mereka dapat hadir di mana saja di tubuh kucing.

Karena sifatnya yang sangat menular, pengobatan Ringworm untuk kucing harus dilakukan sesegera mungkin. Karena tingkat penularan terutama kepada manusia cukup besar.

Gejala Ringworm pada kucing adalah:

1. Lesi seperti cincin pada kulit kucing

2. Tekstur bersisik atau ketombe di bulu kucing

3. Bercak melingkar dan menebal pada kulit dengan rambut rontok

4. Bercak merah, perih dan berkerak

Perlu dicatat bahwa tanda-tanda dapat bervariasi tergantung pada hewan peliharaan. Tanda-tanda di atas juga bisa menjadi gejala kondisi kulit kucing lainnya.

Untuk memastikan diagnosis yang akurat, kamu harus membawanya ke dokter hewan ya gaes!

Pengobatan Ringworm pada kucing adalah:

1. Kucing digosok saat mandi

2. Gunakan obat antijamur yang dipasangkan dengan sampo antijamur

3. Membatasi hewan peliharaan datang ke seluruh ruangan di rumah

4. Mengambil sampel sikat bulu dari kucing untuk dikirim untuk pengujian laboratorium

5. Memotong bulu kucing juga bisa menjadi salah satu opsi untuk mengatasi jamur dan membuatnya lebih mudah untuk dicuci dengan sampo antijamur

Jamur Ringworm Kucing Menular ke Manusia?

Jamur Ringworm dapat hidup di rumah kamu selama 18 bulan lho gaes!

Oleh karena itu, bagian dari pengobatan Ringworm pada kucing ini sangat penting atau bisa bemunlar kepada manusia atau kucing yang sudah sembuh terinfeksi kembali.

Faktanya, terkadang infeksi kucing tidak teridentifikasi sampai manusia di rumah terkena kurap. Diperlukan waktu hingga 14 hari agar kurap mulai terasa gatal setelah manusia terinfeksi.

Sebagian besar kasus Ringworm ringan akan sembuh dengan pengobatan dalam 2 hingga 4 minggu. Mungkin dapat menggunakan krim atau obat oles yang dijual bebas untuk kasus jamur kucing ringan hingga sedang.

Jika Ringworm pada manusia tidak membaik, segera temui dokter dan layanan kesehatan lainnya. 

Nah, itu dia penjelasan tentang jamur kucing Ringworm yang bisa menular ke manusia. Lengkap cara mengatasi dan mengobatinya.




RingwormApa itu RingwormRingworm KucingGejala Ringworm KucingJamur Kucing menularJamur Kucing di manusiaRingworm Kucing di ManusiaPengobatan Jamur kucingPengobatan RingwormMengatasi Ringworm Manusia

Share to: