ICCN Hadirkan Seminar Local Creative Destination, Ketum Fiki Satari: Momen Emas Buat Jejaring Komunitas

ICCN Hadirkan Seminar Local Creative Destination, Ketum Fiki Satari: Momen Emas Buat Jejaring Komunitas

Foto

ICCN Hadirkan Seminar Local Creative Destination (Foto: Istimewa)


Indonesia Creative Cities Network (ICCN) menghadirkan Seminar Local Creative Destination as Future Tourism pada 15 September 2022.

Ketua Umum ICCN, Fiki Satari menyebutkan bahwa ini merupakan momen emas untuk jejaring komunitas ICCN, karena ada banyak materi yang disampaikan.

Baca Juga: ICCN Gelar Seminar Local Creative Destination, Hadirkan Pertemuan Komunitas Kreatif Gaes

Tentang Seminar Local Creative Destination

Seminar Local Creative Destination as Future Tourism merupakan seminar terbaru yang digelar ICCN. Seminar ini dilaksanakan pada Kamis, 15 September 2022. 

Seminar Local Creative Destination ini juga merupakan salah satu rangkaian acara menjelang Rakornas ICCN 2022 yang akan digelar pada 27 sampai 29 Oktober 2022 mendatang.

Dalam seminar ini, ICCN menghadirkan beberapa topik menarik seperti destinasi kreatif lokal sebagai pariwisata masa depan, yang menghadirkan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo.

Lalu topik jenama lokal dan destinasi kreatif, yang dibahas oleh Ketua Jakarta Creative City Forum (JCCF), Handoko Hendroyono.

Lalu topik jenama lokal dan destinasi kreatif harus juara, yang dibahas oleh founder HMNS.ID, Rizky Arief Dwi.

Serta beberapa perwakilan jejaring Kreatif ICCN, yakni Hilmi Fabetal, Didi Diarsa, Abi Sutanrai, dan Faris.

Fiki Satari Sebut Momen Emas Buat Jejaring Komunitas

Dalam sambutannya, Ketum ICCN, Fiki Satari mengatakan bahwa beberapa rangkaian acara Road to Rakornas ICCN 2022 seperti seminar ini merupakan momen emas untuk jejaring komunitas ICCN.

"Ini event dimana kita ingin mempersiapkan ada tiga hari momen emas buat kami jejaring komunitas di 238 kota dan kabupaten di Indonesia," ucap Fiki Satari.

Momen emas yang dimaksud Fiki Satari adalah materi yang dihadirkan oleh para narasumber dari beberapa acara yang digelar menjelang Rakornas ICCN 2022 ini.

Diketahui ICCN telah menggelar beberapa acara dalam Road to Rakornas ICCN 2022. Yakni Catha Talks yang membahas 11 kota kreatif chatha ekadasa, lalu membahas tentang ekonomi makro sampai internasional, sampai Webinar Ekosistem Kota Kreatif Masa Depan di era Web3.

Baca Juga: Founder MAJA Labs Adrian Zakhary Jadi Pembicara di CATHA TALKS ICCN, Bahas Ekosistem Kota Kreatif Masa Depan Gaes!

"Kita mencuri start, ada banyak materi yang kita share mulai dari pra event pertama kemaren terkait dengan 11 kota kreatif charta ekadasa, kedua kemaren kita sudah bahas khusus ekonomi makro sampai internasional. Dan ketiga ada isu bagaimana kota kreatif di era menghadapi web3," lanjut Fiki Satari.

ICCN Hadir Mengktivasi Inisiatif Ekonomi

Fiki Satari mengatakan bahwa jejaring ICCN ini merupakan forum lintas komunikasi kreatif, yang hadir bukan hanya membuat kegiatan namun juga membuat program yang bisa mengaktivasi inisiatif ekonomi hingga solusi masalah perkotaan.

"Jejaring ICCN ini forum lintas komunitas kreatif, dimana satu forum yang levelnya kota ini sebetulnya hadir multistakeholder dari komunitas-komunitas yang eksis. Yang hadir bukan hanya bikin kegiatan tapi program yang ujung-ujungnya bisa mengaktivasi inisiatif ekonomi hingga solusi masalah perkotaan," ucap Fiki.

Lebih lanjut, Fiki Satari mengatakan bahwa ICCN bersama para jejaring komunitasnya menciptakan kreativitas yang hadir dari perbedaan, dan nantinya akan muncul sebuah inovasi.

"Kita menjahit semua potensi, connect, collaborate, commerce, dan celebrate bagaimana kreativitas itu hadir dengan perbedaan, inovasi itu hadir dengan keragaman. Dan yang pasti hadir dengan kerja nyata teman-teman, bukan hanya dari unsur-unsur pemerintah formal tapi juga masyarakat madani, civil society movement untuk bisa menghadirkan program yang lebih berlanjut," lanjutnya.




Seminar Local Creative DestinationLocal Creative Destination as Future TourismICCNKomunitas kreatifSeminar ICCNFiki SatariJejaring komunitas ICCNRakornas ICCN 2022

Share to: