Fakta Novel Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan yang Jadi Hujatan Netizen Karena Sebut Semua Perempuan Pelacur

Fakta Novel Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan yang Jadi Hujatan Netizen Karena Sebut Semua Perempuan Pelacur

Foto

Fakta Novel Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan (Foto Instagram: @gnolbo)


Simak yuk fakta dari novel Cantik itu Luka karya Eka Kurniawan yang panen hujatan netizen karena kutipannya yang sebut semua perempuan pelacur.

Nama penulis Eka Kurniawan mendadak trending dan viral di Twitter gegara kutipan di dalam novel Cantik itu Luka miliknya.

Dalam novel tersebut terdapat kutipan "Semua perempuan itu pelacur, sebab seorang istri baik-baik pun menjual kemaluannya demi mas kawin dan uang belanja, atau cinta jika ada".

Hal ini pun makin menuai hujatan setelah akun @BgsrRm membuat cuitan soal kutipan tersebut hingga menjadi trending di Twitter.

BACA JUGA: Fakta dan Profil Eka Kurniawan Serta Bukunya Cantik Itu Luka yang Trending Penuh Hujatan

Apa sih sebenarnya isi dalam novel tersebut? Berikut fakta dari novel Cantik itu Luka karya Eka Kurniawan, yang sudah dihimpun Tim KUYOU.id untuk kamu.

1. Cantik itu Luka

Novel Cantik itu Luka karya Eka Kurniawan ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2002 lalu oleh Akademi Kebudayaan Yogyakarta dan Penerbit Jendela.

Kemudian pada tahun 2004, Gramedia Pustaka Utama kembali menerbitkan edisi kedua dan seterusnya dari novel tersebut.

2. Sinopsis

Cantik itu Luka menceritakan tentang kisah seorang perempuan dipaksa menjadi pelacur di akhir masa kolonial.

Kehidupan itu terus dijalaninya hingga ia memiliki tiga anak gadis yang kesemuanya cantik. Ketika mengandung anaknya yang keempat, ia berharap anak itu akan lahir buruk rupa. Itulah yang terjadi, meskipun secara ironik ia memberinya nama si Cantik.

3. Penghargaan

Diketahui novel ini pernah mendapat penghargaan yaitu masuk dalam daftar panjang Khatulistiwa Literary Award pada tahun 2003 lalu.

4. Diterjemah dalam bahasa Asing

Selain itu, novel Cantik itu Luka juga berhasil diterjemah ke dalam bahasa asing yaitu Jepang pada tahun 2006. Hal ini bisa terjadi karena usaha seorang penulis bernama Ribeka Ota yang menerjemahkannya ke dalam bahasa Jepang dengan judul (Shinpu-sha, 2006).

5. Kutipan novel yang jadi perdebatan

Baru-baru ini novel Cantik itu Luka beserta Eka Kurniawan kembali jadi perbincangan publik di media sosial karena salah satu kutipan dalam novelnya diniliai tak pantas dan secara tak langsung merendahkan perempuan.

Kutipan dari novel tersebut adalah "Semua perempuan itu pelacur, sebab seorang istri baik-baik pun menjual kemaluannya demi mas kawin dan uang belanja, atau cinta jika ada".

Meski begitu menurutnya perdebatan seperti ini sudah beberapa kali terjadi. Biasanya orang yang memperdebatkan masalah ini tak paham sastra yang ada dibalik kutipan tersebut.

6. Ulasan

Meskipun ada beberapa pihak yang memperdebatkan soal kutipan tersebut, namun secara keseluruhan dan isi banyak juga pembaca yag sangat menyukai karya ini.

Bahkan ada juga yang menyebut jika novel Cantik itu Luka sebagai sebuah karya berkelas dunia yang memiliki kesusastraan Eropa dan Amerika Latin.

BACA JUGA: Biodata dan Profil Eka Kurniawan Lengkap Agama Umur Juga Karir, Penulis yang Trending karena Kutipan Novel

Nah, itulah beberapa fakta novel Cantik itu Luka karya Eka Kurniawan yang jadi hujatan netizen di media sosial karena kutipan yang sebut semua perempuan pelacur.




Eka Kurniawanbiodata Eka Kurniawanprofil Eka Kurniawanumur Eka Kurniawanagama Eka Kurniawanfakta Eka KurniawanpenulisCinta itu Lukatrendingfakta Cinta itu LukaNovel

Share to: