11 Oktober 2022 adalah Hari Anak Perempuan Sedunia, Berikut Fakta, Sejarah dan Tema Tahun Ini

11 Oktober 2022 adalah Hari Anak Perempuan Sedunia, Berikut Fakta, Sejarah dan Tema Tahun Ini

11 Oktober 2022 adalah Hari Anak Perempuan Sedunia, Berikut Fakta, Sejarah dan Tema Tahun Ini

11 Oktober 2022 adalah Hari Anak Perempuan Sedunia (Foto: Istimewa)


Yuk simak fakta, sejarah dan tema Hari Anak Perempuan Sedunia tahun ini yang diperingati pada tanggal 11 Oktober 2022.

Pada 11 Oktober 2022, seluruh anak perempuan di dunia akan memperingati Hari Anak Perempuan Sedunia atau International day of the girl child.

Hari Anak Perempuan Sedunia ini diperingati setiap tanggal 11 Oktober di setiap tahunnya.

Baca Juga: Kisah Unik Dibalik Hari Anak Nasional, Lengkap dengan Sejarahnya Gaes

Kenapa bisa ditanggal 11 Oktober? Daripada penasaran, yuk simak fakta, sejarah dan tema Hari Anak Perempuan Sedunia.

Fakta dan Sejarah Hari Anak Perempuan Sedunia

 Hari Anak Perempuan Sedunia diperingati setiap tahun sejak 2002. Tujuannya ialah untuk menyerukan hak-hak anak perempuan di seluruh dunia.

Hari Anak Perempuan Sedunia berawal dari Konferensi Dunia tentang Perempuan di Beijing, Cina tahun 1995. Perwakilan negara-negara secara bulat mengangkat Deklarasi Beijing untuk memajukan hak-hak perempuan, termasuk anak-anak perempuan. Deklarasi tersebut menjadi yang pertama dalam menyerukan hak-hak anak perempuan.

Lalu, pada 19 Desember 2011, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengadopsi Resolusi 66/170 dan menetapkan tanggal 11 Oktober sebagai Hari Anak Perempuan Sedunia.

Tema Hari Anak Perempuan Sedunia

UNICEF telah menetapkan tema Hari Anak Perempuan Sedunia 2022, tema tersebut adalah "Our time is now-our rights, our future" atau "Waktu kita adalah sekarang-hak kita, masa depan kita".

Melalui tema ini, UNICEF mengajak masyarakat untuk mendukung kebebasan anak perempuan untuk mendapatkan pendidikan, kesehatan fisik dan mental, serta hidup layak tanpa kekerasan.

Nah, itulah fakta, sejarah dan tema Hari Anak Perempuan Sedunia tahun ini yang diperingati pada tanggal 11 Oktober 2022.




11 Oktober11 Oktober 2022Hari Anak Perempuan SeduniaHari Anak Perempuan Sedunia 2022Fakta Hari Anak Perempuan SeduniaSejarah Hari Anak Perempuan SeduniaTema Hari Anak Perempuan Sedunia 2022

Share to: