Biodata dan Profil Rishi Sunak: Umur, Agama dan Karier, Perdana Menteri Inggris Gantikan Liz Truss

Biodata dan Profil Rishi Sunak: Umur, Agama dan Karier, Perdana Menteri Inggris Gantikan Liz Truss

Biodata dan Profil Rishi Sunak: Umur, Agama dan Karier, Perdana Menteri Inggris Gantikan Liz Truss

Biodata dan Profil Rishi Sunak (Foto: Instagram @rishisunakmp)


Yuk simak biodata dan juga profil Rishi Sunak lengkap umur, agama dan karier, Perdana Menteri Inggris yang gantikan Liz Truss.

Rishi Sunak adalah sosok Perdana Menteri Inggris yang baru. Rishi Sunak lahir pada 12 Mei 1980. Umur Rishi Sunak adalah 42 tahun dan menganut agama Hindu.

Rishi Sunak resmi menjadi Perdana Menteri Inggris menggantikan Liz Truss yang memilih untuk mengundurkan diri.

Baca Juga: Biodata dan Profil Ratu Elizabeth II Lengkap Umur dan Masa Kepemimpinan, Ratu Terlama di Kerajaan Inggris Meninggal Dunia

Penasaran dengan sosoknya? Yuk simak biodata dan juga profil Rishi Sunak lengkap umur, agama dan karier.

1. Profil Rishi Sunak

Rishi Sunak adalah seorang politikus asal Inggris. Rishi Sunak lahir di Southampton, Hampshire, Inggris, 12 Mei 1980. Rishi Sunak kini berusia 40 tahun dan menganut agama Hindu.

Ayah Sunak merupakan seorang dokter, dan ibunya memiliki toko kimia.

2. Karier Rishi Sunak

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Universitas Oxford, Sunak bekerja untuk Goldman Sachs sebelum pindah sebagai pengelola investasi global. 

Karier politik Sunak dimulai pada Oktober 2014 ketika dia terpilih sebagai kandidat Richmond (Yorks) mengalahkan Wendy Morton. Di tahun 2014 pula, Sunak menjabat sebagai kepala Unit Penelitian Black and Minority Ethnic (BME) dari pusat think tank Policy Exchange.

Setelahnya, Sunak terpilih menjadi anggota parlemen untuk Richmond (Yorks) pada 2015. Saat menjabat, dia mendukung Brexit di referendum keanggotaan Uni Eropa (UE) pada Juni 2016.

Pada Januari 2018 hingga Juli 2019, Sunak menjadi wakil sekretaris negara parlemen untuk pemerintah daerah. 

Pada tahun 2019 dibawah Perdana Menteri Boris Johnson, Sunak diangkat menjadi Ketua Sekretarian Kementerian Keuangan. Pada Februari 2020, dia dipromosikan menjadi menteri keuangan.

3. Perdana Menteri Inggris yang Baru

Kini, Rishi Sunak resmi menjadi Perdana Menteri Inggris yang baru menggantikan Liz Truss yang memilih untuk mengundurkan diri.

Sebenarnya Sunak berduel dengan Penny Mordaunt dalam pencalonan Perdana Menteri Inggris yang baru, namun Penny Mordaunt mengundurkan diri, sehingga Sunak menjadi satu-satunya calon yang tersisa.

4. Kehidupan Pribadi

Rishi Sunak telah menikah dengan seorang wanita yang bernama Akshata Murthy pada tahun 2009. Akshata Murthy merupakan anak dari pengusaha asal India, Narayana Murthy. Dari pernikahan tersebut, Sunak dikaruniai dua orang anak.

5. Biodata Rishi Sunak

Nama lengkap:Rishi Sunak
Nama panggilan:Sunak
Kota asal:Southampton, Hampshire, Inggris
Tanggal lahir:12 Mei 1980
Umur:42 tahun
Agama:Hindu
Pasangan:Akshata Murthy
Pendidikan:Lincoln College, Oxford (BA), Stanford University (MBA)
Profesi:Politikus
Akun Instagram:

@rishisunakmp

Baca Juga: Biografi dan Profil Pangeran Philip Lengkap, Suami Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 99 Tahun

Nah, itulah biodata dan juga profil Rishi Sunak lengkap umur, agama dan karier, Perdana Menteri Inggris yang gantikan Liz Truss.




Perdana Menteri InggrisPerdana Menteri Inggris baruPengganti Liz TrussRishi SunakRishi Sunak Perdana Menteri InggrisBiodata Rishi SunakProfil Rishi SunakUmur Rishi SunakAgama Rishi SunakKarier Rishi SunakInstagram Rishi Sunak

Share to: