Dari Akad Nikah Sampai Pesta Rakyat, Ini Jadwal dan Rangakaian Acara Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Dari Akad Nikah Sampai Pesta Rakyat, Ini Jadwal dan Rangakaian Acara Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Dari Akad Nikah Sampai Pesta Rakyat, Ini Jadwal dan Rangakaian Acara Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Jadwal dan Rangakaian Acara Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Foto: Instagram @kaesangp)


Inilah jadwal dan rangkaian acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, dari akad nikah sampai pesta rakyat.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep akan segera menikah. Kaesang akan menikahi wanita cantik yang bernama Erina Gudono.

Ada sejumlah rangkaian acara untuk menyambut pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. 

Baca Juga: Biodata dan Profil Erina Gudono: Umur, Agama dan Karier, Model Cantik Pacar Baru Kaesang?

Dan inilah jadwal dan rangkaian acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Kamis, 8 Desember 2022

Rangkaian prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan dimulai pada Kamis, 8 Desember 2022. Acaranya sendiri adalah semaan atau pengajian Al-Qur'an di Rumah Erina Gudono, Sleman.

Selain itu, rencananya warga sekitar rumah Erina juga akan melakukan sejumlah kegiatan dalam menyambut pernikahan tersebut seperti membuat hantaran.

Jumat, 9 Desember 2022

Pada Jumat, 9 Desember 2022, keluarga Erina akan memasang bleketepe di kediamannya. Bleketepe adalah simbol dari penyucian lokasi, yang juga bermakna tolak bala.

Diharapkan, dengan adanya bleketepe itu, sepanjang upacara pernikahan berjalan lancar dan terhindar dari hal jahat. Itu juga penanda bahwa di rumah itu akan ada hajatan besar.

Selain pemasangan bleketepe, Erina juga akan melakukan siraman dan dilakukan secara tertutup. Siraman Erina juga akan dilakukan oleh Permaisuri Sri Sultan Hamengkubu Buwono X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, bersama istri Wakil Gubernur DIY, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAy) Adipati Paku Alam X.

Sementara itu, Kaesang di kediamannya di Solo akan melakukan siraman yang juga berlangsung secara tertutup.

Kakak sekaligus juru bicara Panitia Pernikahan Kaesang-Erina, Gibran Rakabuming Raka mengatakan air yang digunakan untuk upacara siraman adiknya itu akan diambil dari tujuh sumber air di sekitar Solo.

Usai siraman, pada malam hari akan melaksanakan midodareni. Menurut adat Jawa, calon mempelai pria dalam hal ini Kaesang harus datang ke rumah calon mempelai perempuan atau Erina membawa seserahan.

Namun, kedua calon mempelai tidak akan bertemu langsung. Biasanya, calon mempelai pria akan menemui perwakilan dari keluarga calon mempelai perempuan.

Kaesang baru bisa bertemu dengan Erina di keesokan harinya saat akad nikah dilaksanakan.

Sabtu, 10 Desember 2022

Di hari Sabtu, 10 Desember 2022 adalah inti acara dari pernikahan Kaesang dan Erina, yakni dilaksanakannya akad nikah di Pendopo Agung Ambarrukmo, Yogyakarta.

Adapun yang akan menjadi menjadi penghulu adalah Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma'ruf Amin. Sementara Mensesneg, Pratikno akan menjadi saksi dari pihak Erina, dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono akan menjadi saksi dari pihak Kaesang.

Diketahui mahar yang diberikan Kaesang adalah uang tunai Rp300 ribu dan seperangkat alat salat.

Usai menjalani ijab kabul, Kaesang akan bertemu dengan Erina dalam prosesi adat panggih pengantin. Upacara ini melambangkan pertemuan mempelai pria dengan perempuan yang masing-masing dalam keadaan suci.

Prosesi panggih diawali dengan penyerahan pisang sanggan kepada orang tua mempelai perempuan sebagai simbol tebusan atas putri mereka. Kemudian, mereka akan berlanjut ke upacara balangan gantal alias lempar sirih.

Setelah itu, mempelai akan melakukan upacara injak atau pecah telur yang dilanjutkan dengan ranupada atau prosesi membasuh kaki dengan air.

Kemudian mempelai akan menjalani tradisi bubak kawah begitu berada di pelaminan. Tradisi ini dilakukan dengan harapan rumah tangga yang akan dibina diberi kemudahan, keberkahan, serta dijauhkan dari petaka.

Prosesi selanjutnya adalah kacar kucur atau tampa kaya sebagai simbol suami berkewajiban dan bertanggung jawab memberikan nafkah kepada istri.

Selanjutnya adalah dulangan atau dhahar kalimah. Dalam adat Jawa Yogyakarta, pengantin pria memberikan sesuap nasi kuning kepada pengantin perempuan yang bermakna istri patuh kepada suami.

Kemudian tradisi berlanjut ke mapag besan atau upacara besan yang berarti menjemput besan sebelum diakhiri dengan sungkeman atau pangabektan.

Minggu, 11 Desember 2022

Minggu, 11 Desember 2022 menjadi hari terakhir atau hari penutup dari seluruh rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina. Acara ini bertajuk Pesta Rakyat.

Di hari ini, Kaesang dan Erina akan menuju ke Solo untuk prosesi ngunduh mantu serta resepsi atau tasyakuran.

Ngunduh mantu akan dimulai pada Minggu pagi di Gedung Loji Gandrung Solo. Dalam acara ini, ngunduh mantu direncanakan akan menggunakan adat Jawa.

Setelah ngunduh mantu, akan diadakan acara kirab atau arak-arakan menuju lokasi tasyakuran di Pura Mangkunegaran.

Kirab ini akan dilakukan bertepatan pada car free day (CFD) di kawasan Jalan Slamet Riyadi, yang selalu digelar pada Minggu pagi.

Dalam kirab ini, akan ada 9-10 kereta kencana yang akan digunakan oleh pengantin dan keluarganya menuju Pura Mangkunegaran.

Dari atas kereta kencana ini, pengantin beserta keluarganya akan menyapa masyarakat yang hadir di sepanjang jalur.

Selain itu, akan ada 9 panggung untuk menghibur warga. Yang mana musisi dari Solo yang akan menghibur warga sekitar Solo.

"Musisi dari masyarakat Solo lah, masak musisi gedongan terus. Musisi rakyat juga harus diangkat. Ini menjadi bagian bagaimana komunitas itu kita libatkan," kata Menteri BUMN yang juga menjadi ketua pelaksana pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Erick Thohir.

Setelah pengantin dan keluarga tiba di Pura Mangkunegaran, acara tasyakuran akan segera dimulai.Tasyakuran ini akan terdiri dari dua sesi, yakni pagi hingga siang dan sore hingga malam.

Dalam sesi tasyakuran, mempelai dan keluarga akan menyambut tamu undangan, baik dari kedua mempelai, besan, ataupun tamu kenegaraan.

Perlu diketahui, Kaesang dan Erina adalah pasangan pertama di luar keluarga Mangkunegaran yang mengadakan pesta di dalam Pura Mangkunegaran. Tamu undangan yang berjumlah 6.000 orang akan disediakan ratusan andong, becak, bus untuk transportasi menuju Pura Mangkunegaran.

Selain itu, para tamu undangan dilarang untuk memberikan sumbangan dan dilarang memakai batik motif parang lereng. Di acara tasyakuran nanti, Polri telah menyiapkan 2.188 polisi untuk mengawal jalannya acara pamungkas dari pernikahan Kaesang dan Erina ini.

Baca Juga: Sebelum Erina Gudono, Ini Daftar Mantan Kaesang Pangarep Anak Presiden Jokowi

Nah, itulah jadwal dan rangkaian acara pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, dari akad nikah sampai pesta rakyat.




Kaesang PangarepErina GudonoPernikahan Kaesang Pangarep dan Erina GudonoJadwal Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina GudonoRangkaian Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina GudonoAkad nikah Kaesang Pangarep dan Erina GudonoPesta rakyat Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Share to: