Hari Keenam BDFW 2022 di Samsara Living Museum, Keliling Mengenal Upacara hingga Tradisi Bali

Hari Keenam BDFW 2022 di Samsara Living Museum, Keliling Mengenal Upacara hingga Tradisi Bali

Foto

Hari Keenam BDFW 2022 di Samsara Living Museum (Foto: Istimewa)


Hari keenam Bali Digital Fashion Week 2022 (BDFW 2022) menggelar Samsara Living Museum Tour di Samasara Living Museum, Karangasem, Bali.

Disini, para pengunjung BDFW 2022 diajak untuk berkeliling Samasara Living Museum sambil mengenal upacara serta tradisi di Bali.

Baca Juga: Talkshow di Samsara Living Museum, Founder MAJA Labs Adrian Zakhary: Ide BDFW Berasal dari Kecintaan dengan Nature

Hari Keenam BDFW 2022

Agenda BDFW 2022 di hari keenam adalah melakukan Digital Fashion Tour ke Samsara Living Museum. MAJA Labs ingin mengajak pengunjung untuk mengenal budaya asli Bali dari Samsara Living Museum.

Disini, mereka diperkenalkan dengan budaya Bali, seperti proses pembuatan arak Bali hingga upacara kehidupan seorang manusia mulai dari kandungan hingga meninggal.

Selain itu juga ada sebuah talkshow menarik dengan tema Nature, Culture, Future. Talkshow ini menghadirkan Founder MAJA Labs, Adrian Zakhary dan Founder Samsara Living Museum, I B. Agung Gunarthawa.

Mengenal Upacara Kehidupan di Bali

Samsara Living Museum mengajak para peserta BDFW 2022 untuk mengenal upacara kehidupan seseorang di Bali.

Upacara ini dimulai dari upacara Ngrujak, upacara yang dilakukan seorang wanita yang lagi hamil muda. Upacara ini bertujuan untuk memperkuat kehamilan sang ibu hingga mencegah keguguran.

Lalu ada upacara Magedong Gedongan, Nanem Ari-ari disini bayi sudah dilahirkan dan ari-arinya ditanam, lalu ada Kepus Wedel, Mapag Rare, Ngeles Kakambuh, Nelu Bulanin, Ngenem Bulanin, Mekutang Rambut.

"Mekutang Rambut ini juga pertama kali dilakukan dari dipotong rambutnya dan seterusnya baru di usia ini gitu ya," ucap Agung Gunarthawa.

Kemudian Semayut Meketus Lan Menek Kelih disini anak tersebut sudah tumbuh dewasa, lalu ada Metatah, Pawiwahan, serta Ngaben disini dimulai upacara ketika seseorang meninggal dunia dengan dibakar jasadnya.

"Jadi bagaimana 5 unsur (tanah, air, udara, api dan ether atau ruang Angkasa) yang ada dalam diri kita ini kembali kepada alam ya," kata Agung Gunarthawa.

Lalu upacara kehidupan seseorang di Bali berakhir dengan upacara Atma Wedang, upacara yang dilakukan untuk memurnikan roh seseorang yang sudah meninggal untuk dapat bersatu kembali dengan sang pencipta.

"Jadi Atma Wedana ini adalah ritual penyucian puncak daripada roh leluhur," kata Agung Gunarthawa.

Tour Samsara Living Museum

Setelah mengenal upacara kehidupan di Bali, peserta BDFW 2022 juga diajak untuk mengenal berbagai tradisi dan budaya Bali yang ada di Samsara Living Museum.

Seperti lahan pohon bambu yang dimanfaatkan untuk pertemuan. Lalu ada proses penulisan manuskrip kuno di atas daun lontar dengan aksara Bali, kemudian juga ada proses pembuatan arak Bali.

Baca Juga: NFT & Art Tour di Hari Ketiga BDFW 2022, Pamerkan Koleksi Digital Fashion hingaa VR Experience 'The Flying Triangle' I Made Wianta

Lalu juga diperkenalkan dengan tradisi Ngoncang, dimana beberapa perempuan menumbuk padi dengan kayu hingga menjadi beras hingga diperlihatkan beberapa kerajianan tangan yang bernama Samsara Silver.




Bali Digital Fashion WeekBDFW 2022MAJA LabsSamasara Living MuseumUpacara kehidupan di BaliTradisi di Bali

Share to: