Israel Ikut Piala Dunia U-20, Dubes Palestina: Indonesia Konsisten Dukung Kami

Israel Ikut Piala Dunia U-20, Dubes Palestina: Indonesia Konsisten Dukung Kami

Israel Ikut Piala Dunia U-20, Dubes Palestina: Indonesia Konsisten Dukung Kami

Duta Besar Palestina, Zuhair Al Shun


Timnas Israel akan hadir ke Indonesia untuk mengikuti ajang Piala Dunia U-20 pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Hal ini sempat menuai sejumlah pro dan kontra dari masyarakat terkait dukungan Indonesia untuk kemerdekaan Palestina.

Meski begitu, pihak Palestina melalui duta besarnya Zuhair AL Shun menegaskan bahwa mereka yakin Indonesia tetap konsisten untuk mendukung negaranya. Zuhair menyebut kedatangan timnas Israel tak ada kaitannya dengan dukungan Indonesia pada Palestina.

Baca juga: Ini Kata Kemlu Soal Bendera Israel Berkibar di Piala Dunia U20 Indonesia

Palestina Hormati Aturan Piala Dunia U-20 Keputusan FIFA

Pihak Palestina menghormati aturan yang telah ditetapkan oleh FIFA terkait jalannya Piala Dunia U-20 di Indonesia. Kehadiran timnas Israel tidaklah menjadi masalah terlebih Indonesia sebagai tuan rumah memiliki kewajiban untuk melayani peserta kompetisi selama laga berlangsung.

"Partisipasi masing-masing negara dalam event ini tidak ada kaitannya dengan suka atau tidak, soal negara yang ikut. Negara-negara yang ikut adalah bagian dari kompetisi sesuai aturan yang berlaku. Ini keputusan FIFA. Jika mereka datang ke Indonesia, ini beda isu. Negara yang menjadi tuan rumah jelas harus melayani para tamu," tegas Zuhair.

Palestina Yakin Indonesia Konsiten Dukung Kemerdekaan Negaranya

Lebih lanjut, Zuhari juga mengungkapkan bahwa diirnya yakin posisi Indonesia tidak akan berubah dan tetap mendukung kemerdekaan bagi Palestina. Hal tersebut tidak berkaitan dengan kehadiran timnas Israel di kompetisi Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia.

"Saya tegaskan, apa yang dirasakan dan temukan saat jumpa pejabat-pejabat di Indonesia, ada juga masyarakat, yakin dukungan Indonesia ke Palestina tidak pernah berubah. Indonesia konsisten, di forum regional, bilateral, dan multilateral untuk dukungannya ke kami,” tegasnya.

Selain itu, pihak Palestina tetap mendukung namun tidak ingin ikut campur terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

"Palestina memegang sikap tidak campur tangan terhadap kebijakan-kebijakan, dari negara lain," ujarnya.

Kemlu Tegaskan Indonesia Tetap Dukung Palestina

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Indonesia telah menegaskan bahwa Indonesia tetap konsisten untuk mendukung Palestina. Hal ini tidak berkaitan dengan kehadiran Israel di gelaran Piala Dunia U-20.

Baca juga: Soal Israel Ikut Piala Dunia U-20 Indonesia, Ini Reaksi Kemlu yang Jadi Sorotan Netizen

"Posisi Indonesia soal isu Palestina tidak pernah berubah dan konsisten. Indonesia termasuk sedikit negara yang konsisten dukung rakyat Palestina,” kata Juru Bicara Kemlu RI Teuku Faizasyah, Jumat (10/3/2023).




Piala Dunia U-20IsraelPalestinaKementerian Luar NegeriKedutaan Besar PalestinaDuta Besar Palestina

Share to: