Ini 5 Kegiatan dan Amalan yang Baik Dilakukan Saat Malam di Bulan Ramadan, Bisa Nambah Pahala Gaes

Ini 5 Kegiatan dan Amalan yang Baik Dilakukan Saat Malam di Bulan Ramadan, Bisa Nambah Pahala Gaes

Ini 5 Kegiatan dan Amalan yang Baik Dilakukan Saat Malam di Bulan Ramadan, Bisa Nambah Pahala Gaes

Kegiatan dan Amalan yang Baik Dilakukan Saat Malam di Bulan Ramadan (Foto: Pixabay)


Inilah 5 kegiatan dan amalan yang baik dilakukan saat malam di bulan Ramadan, bisa menambah pahala juga gaes.

Bulan Ramadan di tahun 2023 telah tiba. Di bulan ini, semua umat muslim di seluruh dunia di wajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh.

Tak hanya berpuasa, dibulan Ramadan ini kamu bisa melakukan berbagai kegiatan dan amalan di pagi, siang, sore bahkan malam hari.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Imsakiyah Ramadan 2023 Wilayah Jabodetabek, Sampai Puasa Hari Terakhir Gaes

Dan inilah 5 kegiatan dan amalan yang baik dilakukan saat malam di bulan Ramadan.

1. Salat Tarawih

Salat Tarawih merupakan salah satu amalan baik saat malam bulan Ramadan. Ibadah salat ini memang sunnah hukumnya, tetapi sunnah yang sangat diutamakan.

Pahala yang didapat bagi seorang muslim yang melaksanakan salat Tarawih ini juga akan lebih banyak dari ibadah salat fardlu.

Tidak harus datang ke Masjid, salat Tarawih ini bisa dilaksanakan di rumah jika keadaan tidak memungkinkan untuk dilakukan dengan berjamaah.

An Nasa'i dari Abu Hurairah RA meriyawatkan Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa mendirikan (salat) pada bulan Ramadan karena iman dan ihtisab diampuni baginya dosa-dosa yang telah lalu".

2. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran menjadi salah satu amalan baik saat malam bulan Ramadan.

Di bulan Ramadan ini juga, Al-Quran pertama kali diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Membaca satu huruf Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan. Dan kebaikan tersebut sungguh akan datang dengan sendirinya atas rida Allah SWT.

Allah SWT berfirman :

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil)” QS. (Al Baqarah : 185)

3. Salat Tahajud

Salat Tahajud ini merupakan amalan baik saat malam bulan Ramadan. Salat Tahajud ini bisa dijadikan pelindung utama orang-orang beriman dan penggugur dosa terbaik jika dibandingkan dengan amalan yang lainnya.

Nabi Muhammad SAW juga bersabda "Sesungguhnya Allah telah menfardu-kan puasa Ramadan dan aku telah menyunahkan bagimu salat di malam harinya. Maka barang siapa berpuasa di bulan Ramadan dan salat sunnah di malam harinya karena iman dan ihtisab, keluarlah ia dari dosa-dosanya sebagaimana pada hari dia dilahirkan oleh ibunya". (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Berzikir

Berzikir menjadi salah satu amalan baik saat malam bulan Ramadan. Berzikir ini juga bisa dilakukan di pagi, siang dan sore hari. Namun jika berzikir di malam hari kamu akan mendapatkan pahala yang berlimpah. Sebab, ketika banyak orang yang tertidur pulas di malam hari, kemudian kita memilih untuk berzikir kepada Allah SWT maka Allah akan begitu segan mendekati kita dan melindungi kita atas keridaan-Nya.

Melakukan amalan zikir akan sangat berdampak pada kebersihan hati. Karena berzikir berarti kita selalu senantiasa mengingat Allah SWT, mensyukuri segala nikmat-Nya, dan begitu merendahkan diri di hadapan-Nya.

"Hai anak Adam, jika kamu mengingat-Ku di dalam dirimu, Aku ingat pula kepadamu dalam diri-Ku. Jika kamu mengingat-Ku di dalam suatu golongan, Aku ingat pula kepadamu di dalam golongan yang lebih baik dari golongan itu. Jika kamu mendekat kepada-Ku satu jengkal, Aku mendekat kepadamu satu hasta. Jika kamu mendekat kepada-Ku satu hasta, Aku mendekat kepadamu satu depa. Dan jika kamu datang kepada-Ku berjalan kaki, Aku datang kepadamu dengan berlari.” (HR Imam Bukhari).

5. Bertaubat

Taubat merupakan salah satu amalan baik saat malam bulan Ramadan. Hal ini disebabkan karena mendekatkan diri kepada Allah SWT, merendahkan diri, dan mengakui segala perbuatan dosa di bulan suci adalah sebenar-benarnya iman. Allah SWT akan lebih mudah memberikan ampunan walaupun di hari biasa selalu memberi ampunan.

Allah SWT berfirman:

“Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Az Zumar: 53).

Baca Juga: Ini Doa Menyambut Datangnya Bulan Ramadan, Lengkap Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

Nah, itulah 5 kegiatan dan alaman yang baik dilakukan saat malam di bulan Ramadan, bisa menambah pahala juga gaes.




Amalan malam bulan RamadanKegiatan malam bulan RamadanMalam bulan RamadanRamadan 2023

Share to: