Presiden Jokowi Berikan Penghargaan Germas Award 2023, Menko PMK: "Ini Bentuk Apresiasi"

Presiden Jokowi Berikan Penghargaan Germas Award 2023, Menko PMK: "Ini Bentuk Apresiasi"

Presiden Jokowi Berikan Penghargaan Germas Award 2023,   Menko PMK:

Gerakan Masyarakat Sehat (Germas Award) 2023 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK)


Presiden Joko Widodo (Jokowi) berikan penghargaan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas Award) 2023 ke lima kementerian dan lembaga, diantaranya Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Hukum dan HAM, BPOM, Kementerian Perhubungan, dan Bakamla.

Penyerahan tropi sebagai bentuk apresiasi terhadap lima kementerian dan lembaga tersebut diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Kantor Kemenko, Jakarta pada Selasa 14 November 2023.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin Minta Aparat Tetap Netral Meski Gibran Anak Jokowi Maju Cawapres di Pilpres 2024  

Muhadjir mengatakan bahwa tropi ini sebagai bentuk apresiasi presiden kepada para penerima penghargaan.

"Ini penghargaan dari Pak Presiden sebagai bentuk apresiasi terhadap kementerian dan lembaga yang telah melaksanakan Germas," ujar Muhadjir Effendy di Jakarta, Selasa 14 November 2023.

Hadirnya program Germas Award adalah untuk meningkatkan kepedulian lembaga atau lembaga terhadap perilaku hidup sehat. Menurut Muhadjir ini telah ditetapkan dalam instruktur Presiden dalam rangka memasyarakatkan perilaku hidup sehat dan bersih.

"Aksi Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat sesuai dengan instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017 tentang Germas," ucapnya.

Baca juga: Dilaporkan Terkait Tuding Polisi Tak Netral, Aiman Witjaksono: Saya belum tahu

Muhadjir berharap hadirnya program ini sebagai langkah preventif atau antisipasi. Menurutnya jika perilaku hidup sehat maka jauh dari sakit sehingga tidak perlu biaya untuk ke rumah sakit.  

"Germas ini sifatnya usaha promotif usaha promotif dan preventif supaya sehat. Kalau sehat nggak usah ke rumah sakit, kalau nggak ke rumah sakit enggak perlu ada biaya pengobatan," kata Muhadjir.

Ini daftar lima kementerian dan lembaga yang berhasil meraih penghargaan  Germas   Award 2023:

1. Terbaik pertama: Kementerian Kelautan dan Perikanan

2. Terbaik kedua: Kementerian Hukum dan HAM

3. Terbaik ketiga: Badan Pengawas Obat dan Makanan

4. Terbaik empat: Kementerian Perhubungan

5. Terbaik kelima: Badan Keamanan Laut




Germas AwardMenko PMKMuhadjir Effendy

Share to: