Fraksi PDI Perjuangan Marah Kapolri Absen di Rapat DPR Bahas Pemilu 2024: Istimewa Sekali

Fraksi PDI Perjuangan Marah Kapolri Absen di Rapat DPR Bahas Pemilu 2024: Istimewa Sekali

Fraksi PDI Perjuangan Marah Kapolri Absen di Rapat DPR Bahas Pemilu 2024: Istimewa Sekali

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDIP, Trimedya Pandjaitan


Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDIP, Trimedya Pandjaitan marah karena  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo absen dalam rapat penting pembahasan Pemilu 2024. Dirinya menyindir betapa Kapolri hari ini begitu istimewa sehingga tidak bisa hadiri rapat penting bersama DPR RI. 

Seperti diketahui sebelumnya bahwa DPR RI telah mengagendakan rapat bersama Kaporli pada hari ini, Rabu 15 November 2023 dalam rangka pembahasan Pemilu 2024. Namun Kapolri justru absen dan diwakilkan oleh Kabaharkam, Komjen Muhamad Fadil Imran selaku Kepala Operasi Mantab Brata 2023-2024.

Beberapa anggota Komisi III DPR RI pun keberatan dengan tidak hadirnya Kapolri mengingat rapat yang begitu penting soal Pemilu 2024. Keberatan tersebut pun disampaikan oleh Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDIP, Trimedya Pandjaitan. 

"Saya ingin penjelasan dulu dari saudara ketua. Untuk acara yang begini penting kenapa yang datang Kabarhakam? Harusnya Kapolri yang hadir," ujar Trimedya di DPR, Rabu 15 November 2023.  

Baca juga: Momen Gibran dan Kaesang Salami Megawati hingga Viral Jadi Perbincangan Netizen Gaes!

Sebelumnya Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul telah menyampaikan bahwa Kapolri berhalangan hadir dan telah mengirimkan surat Nomor B-9983/XI/2023 tertanggal 13 November 2023, bahwa raker Komisi III dengan DPR RI yang sekiranya dengan Kapolri diwakilkan oleh Kabaharkam, Komjen Muhamad Fadil Imran. 

Atas surat tersebut, Trimedya Pandjaitan marah dan merasa keberatan. Menurutnya baru kali ini rapat sepenting ini Kapolri tidak hadir dan malah diwakili orang lain.  

"Kok istimewa sekali Kapolri yang sekarang diwakilkan, terkecuali saudara ketua menyampaikan akan ada rapat lagi dengan Kapolri menjelang Pemilu. Kita lihat Komisi I, itu langsung Panglimanya," ujarnya.

Trimedya Pandjaitan khawatir rapat yang diadakan tanpa Kapolri ini tidak menghasilkan apa-apa, atau tidak dilaksanakan oleh Kapolri. Sebab itu dirinya meminta agar tetap bisa diagendakan rapat dengan Jenderal Listyo Sigit Prabowo di waktu lain. 

"Apa yang telah disampaikan saudara ketua tadi, termasuk kesimpulan rapat yang kita buat nanti, maka juga bisa dilaksanakan oleh Kapolri. Jadi, kami mengusulkan saudara ketua, rapat ini kita tunda menunggu saudara Kapolri bisa hadir," tutur Trimedya.

Baca juga: Catat! Ini Jadwal Masa Kampanye Pilpres 2024: Mulai dari 28 November

Hal senada juga dilontarkan oleh Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Benny K Harman. Menurutnya sebelumnya rapat berlangsung harus disepakati dulu bahwa tetap akan diadakan rapat dengan Kapolri.  

"Misalnya kapan, akhir bulan kita rapat dengan Pak Kapolri rapat Komisi III. Tolong diputuskan dulu baru dilanjutkan,” kata Benny.

Menanggapi intrupsi tersebut, Bambang Pacul coba akomodir masukan-masukan para anggota komisi III. Dirinya menegaskan bahwa rapat dengan Kapolri tetap akan digelar di waktu yang segera diagendakan. 

"Setelah itu, nanti kita akan adakan rapat dengan Kapolri. Nanti akan ada sebelum pemilu kita lakukan rapat lagi dengan Pak Kapolri. Jadi kita selesaikan dulu rapat kali ini, baru nanti rapat lagi dengan Kapolri atas keputusan hari ini," ujarnya.




Fraksi PDI PerjuanganKapolriPemilu 2024Pilpres2024Muhamad Fadil

Share to: