Indra Leonardi Luncurkan Buku "Vice Versa" di Art Jakarta 2023

Indra Leonardi Luncurkan Buku "Vice Versa" di Art Jakarta 2023

Indra Leonardi Luncurkan Buku

Indra Leonardi Luncurkan Buku "Vice Versa" di Art Jakarta 2023 (Foto: Istimewa)


Fotografer Indra Leonardi resmi meluncurkan buku fotografi yang bertajuk "Vice Versa" yang menandakan 26 tahun perjalanannya sebagai seorang fotografer.

Peluncuran buku "Vice Versa" ini digelar di hari kedua penyelenggaraan Art Jakarta 2023 pada 18 November 2023 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Art Jakarta 2023 Resmi Digelar, Hadirkan Lukisan hingga Instalasi di Satu Tempat

Perjalanan Visi Seni Rupa Indra Leonardi

Peluncuran buku "Vice Versa" ini merupakan wujud perjalanan visi seni rupa Indonesia yang dilalui Indra Leonardi selama 26 tahun berkarya. Indra Leonardi mengungkapkan buku ini bukan sekadar buku fotografi, melainkan juga antologi pengalaman dan narasi.

Karya ini memberikan wawasan mengenai karier Indra Leonardi yang luas, menampilkan latar belakang evolusinya selama dua dekade di bidang fotografi. Pada saat yang sama, pameran ini juga merupakan bukti pertumbuhan dan transisi seni rupa Indonesia, yang sejalan dengan detak jantung komunitas senimannya.

Berhubungan secara pribadi dengan kolektif, Leonardi juga mengenang perkenalan pertamanya dengan fotografi, sebuah bentuk seni yang diwariskan dengan penuh kasih melalui garis keturunan keluarganya.

Tampilkan 78 Kolaborator Seniman

Buku Vice Versa sendiri memuat total 78 kolaborator seniman. Seniman-seniman tersebut pun merupakan seniman asal Indonesia dari berbagai generasi, seperti Djoko Pekik, Heri Dono, Christine Ay Tjoe, Eko Nugroho, Tromarama, Atreyu Moniaga.

Indra Leonardi dikenal sebagai penggemar seni, kolektor, dan fotografer potret terkemuka di Indonesia. Ia memotret para seniman ini dalam momen-momen yang sangat intim, menyoroti ikatan yang ia pelihara, evolusi karya seni mereka, dan dorongan bersama untuk menciptakan seni secara kolaboratif.

Keseluruhan 78 karya kolaboratif tersebut akan dipamerkan di Art Jakarta, pameran seni terbesar di Indonesia, pada tanggal 17 hingga 19 November 2023. Pengunjung dapat menantikan pengalaman interaktif di mana mereka dapat terlibat dan membenamkan diri dalam karya-karya yang ditampilkan.

Peluncuran resmi buku "Vice Versa" dijadwalkan pada tanggal 18 November, dengan salinannya tersedia untuk dibeli di pameran pada tanggal 18 dan 19 November.

Baca Juga: Raditya Dika Hadiri Opening Art Jakarta 2023

Kontribusi Leonardi pada dunia seni tidak terbatas pada proyek tunggal ini. Ia sebelumnya dikenal karena publikasinya "Potret Indonesia" pada tahun 2008 dan "Inside Studios: Artis Indonesia" pada tahun 2019. Dedikasinya terhadap seni Indonesia disorot dalam sebuah wawancara dengan Larry's List, menekankan koleksinya yang luas dan keinginannya untuk menghadirkan seni Indonesia ke garis depan global.




Indra LeonardiBuku Indra LeonardiVice VersaBuku Vice VersaArt Jakarta 2023

Share to: