Buron 1,5 Tahun, Christopher Stefanus Budianto Kabur ke Malaysia hingga Thailand

Buron 1,5 Tahun, Christopher Stefanus Budianto Kabur ke Malaysia hingga Thailand

Buron 1,5 Tahun, Christopher Stefanus Budianto Kabur ke Malaysia hingga Thailand

Christopher Stefanus Budianto Kabur ke Malaysia hingga Thailand (Foto: Istimewa)


Christopher Stefanus Budianto telah resmi ditahan pada Rabu (22/11/2023) setelah dilakukan penangkapan di Bangkok, Thailand pada Selasa (21/11/2023).

Christopher Stefanus Budianto alias Steven ditangkap atas kasus penipuan terhadap Jessica Iskandar. Jessica melaporkan Steven atas dugaan penggelapan 11 unit mobil dan uang sebanyak 30.000 dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 452 juta ke Polda Metro Jaya pada 15 Juni 2022.

Baca Juga: Ini Pekerjaan Christopher Stefanus Budianto, Tersangka Penipuan terhadap Jessica Iskandar

Menjadi buronan selama 1,5 tahun, Kabagjatinter Set NCB Divisi Hubinter Polri Kombes Audie S Latuheru mengatakan Christopher terdeteksi kabur dari Indonesia sejak Mei 2022.

"Hubinter Polri melacak yang bersangkutan keluar Indonesia bulan Mei. Namun, karena dia bepergian di beberapa negara, sehingga untuk melakukan koordinasi penangkapannya memang membutuhkan waktu yang cukup lama," kata Kombes Audie S Latuheru di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (21/11/2023).

Selama pelarian itu, Christopher berpindah-pindah ke beberapa negara, di antaranya ke Singapura, Malaysia, hingga terakhir ke Thailand.

"Sampai akhirnya kita mendeteksi keberadaannya di Bangkok, Thailand. Kemudian kita melalui proses police to police akhirnya berhasil mengamankan yang bersangkutan di Bangkok, dan kita jemput dengan Krimum Polda Metro Jaya," imbuhnya.

Divhubinter Polri terlibat dalam penangkapan Christopher usai mendapat laporan oleh Polda Metro Jaya yang menangani kasus tersebut. Akhirnya, polisi dapat mendeteksi Christoper.

"Kita melakukan pencarian, Hubinter Polri melacak yang bersangkutan keluar dari Indonesia bulan Mei, baru kita cari ke mana, di mana. Ternyata dia pergi di beberapa negara, itu yang membuat cukup membutuhkan banyak waktu keberadaannya," ujar Audie.

Polisi mendeteksi Chritoper di tiga negara yakni Singapura, Malaysia, dan Thailand. Christopher sempat bolak-balik Singapura-Malaysia agar tidak terendus oleh polisi. Christopher kabur ke luar negeri melalui Bali.

Baca Juga: Polisi Tahan Christopher Stefanus Budianto, Pelaku Penipuan terhadap Jessica Iskandar

"Dia keluar dari Bali, kemudian ke Singapura, dari Singapura dia bolak-balik Singapura-Malaysia. Jadi saat kita ketahui dia ada di Singapura, dia sudah pindah ke Malaysia. Dia tahu kita ada di Malaysia, dia ke Singapura lagi. Dan selanjutnya begitu pula Singapura, Malaysia, Bangkok, seperti itu," imbuhnya.




Christopher Stefanus BudiantoChristopher Stefanus Budianto ditahanChristopher Stefanus Budianto ditangkapJessica IskandarPelaku penipuan Jessica IskandarTersangka penipuan Jessica IskandarChristopher Stefanus Budianto kabur

Share to: