Rayakan Hari Guru Nasional Sebagai Guru Muda Inspiratif yang Eksis di Media Sosial

Rayakan Hari Guru Nasional Sebagai Guru Muda Inspiratif yang Eksis di Media Sosial

Rayakan Hari Guru Nasional Sebagai Guru Muda Inspiratif yang Eksis di Media Sosial

Hari Guru Nasional 2023


Hari ini tepatnya tanggal 25 November 2023 diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Tahun ini, peringatan Hari Guru Nasional mengusung tema ‘Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar’ sebagai dorongan untuk perubahan positif di dunia pendidikan.

Pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Melansir situs Kemendikbud, tanggal 25 November sebagai Hari Guru bukan tanpa alasan namun untuk menghormati lahirnya Ki Hajar Dewantara, seorang tokoh pendidikan Indonesia yang dianggap sebagai pelopor pendidikan bagi rakyat.

Ki Hajar Dewantara juga merupakan pendiri sekolah Taman Siswa pada tahun 1922. Taman Siswa menjadi lembaga pendidikan yang membuka pintu bagi anak-anak pribumi untuk mendapatkan pendidikan formal. Semangatnya untuk memajukan pendidikan bangsa menjadi inspirasi utama pemilihan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional.

Jadi Guru Inspiratif di Media Sosial

Ditengah gempuran media sosial, seorang guru muda memanfaatkannya untuk berbagi pengalaman mengajar dengan siswa dan menginspirasi banyak orang. Ialah Rezikal Ofanos atau yang dikenal dengan sapaan Taufanos, guru pengajar di Bandung, Jawa Barat yang viral karena berbagai unggahannya dengan murid.

Taufanos memiliki wajah yang tampan dan banyak disebut mirip dengan idol Korea. Ia menjadi viral karena menggunggah berbagai kegiatan mengajarnya di sekolah. Selain menjadi guru, kini Taufanos juga aktif menjadi konten kreator dengan memiliki lebih dari 300 ribu followers di Instagram.

Salah satu konten Taufanos yang diunggahnya beberapa hari lalu adalah bagaimana ia bisa membuat seorang anak nyaman untuk bersekolah. Taufanos menceritakan anak tersebut mulanya tak suka keramaian di sekolah hingga tidak kondusif, namun setelah pendekatan yang cukup lama akhirnya anak tersebut bisa berbaur dengan teman-teman dan guru.

Tentunya masih banyak sosok guru inspiratif lainnya yang ada di Indonesia. Hari ini seluruh masyarakat merayakan dan mengapresiasi jasa guru di seluruh Indonesia sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. 




Hari Guru Nasional 2023HGN 2023Hari GuruTaufanosRezikal Ofanos

Share to: