Terverifikasi Administratif, Dewan Pers Kunjungi Kantor KUYOU untuk Verifikasi Faktual.

Terverifikasi Administratif, Dewan Pers Kunjungi Kantor KUYOU untuk Verifikasi Faktual.

Terverifikasi Administratif, Dewan Pers Kunjungi Kantor KUYOU untuk Verifikasi Faktual.

Dewan Pers Datangi Kantor Media Online KUYOU.ID (Foto: Dok. Pribadi)


Perwakilan Dewan Pers melakukan verifikasi faktual di Kantor Redaksi Media Online, KUYOU.ID, di Jalan Puri Sakti I No.39, RT.2/RW.6, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Senin (4/12/2023).

Verifikasi faktual adalah pemeriksaan di lapangan yang dilakukan Dewan Pers terhadap Perusahaan Pers yang telah dinyatakan lolos verifikasi administratif.

Adapun perwakilan Dewan Pers yang diutus adalah Agoez Perdana yang bertindak sebagai saksi verifikasi. Agoez Perdana sendiri adalah Pemimpin Redaksi KabarMedan.com dan juga pengurus  Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) yang menjadi konstituen Dewan Pers. 

Baca Juga: Seminar Jurnalistik untuk Jurnalisme Berkualitas, Dewan Pers: Wartawan Harus Multitasking

Kedatangan Dewan Pers ke kantor redaksi KUYOU.ID disambut langsung oleh Pemimpin Redaksi KUYOU.ID, Cahyo Wibowo. Menurut Cahyo, verifikasi perusahaan pers seperti yang sedang diajukan KUYOU.ID ke Dewan Pers sangat penting untuk kredibilitas sebuah media. "Dengan verifikasi administratif dan faktual, kita jadi punya kewajiban lebih untuk membuat berita yang sesuai dengan kaidah Jurnalistik", tambah Cahyo. 

Dalam verifikasi faktual di kantor KUYOU. ID, Dewan Pers melakukan sistem hybrid, dimana perwakilan Dewan Pers, Agoez Perdana hadir di kantor KUYOU.ID dan beberapa anggota Dewan Pers lainnya hadir secara virtual melalui Zoom Meeting.

Dalam sesi Zoom Meeting, tim Dewan Pers melakukan analisis konten terhadap artikel-artikel yang telah dibuat oleh tim redaksi KUYOU.ID.

Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan verifikasi kelengkapan, kecocokan dan keabsahan data perusahaan yang telah didaftarkan secara online melalui website pendataan perusahaan pers di Dewan Pers. 

Selanjutnya, Agoez Perdana selaku perwakilan Dewan Pers melakukan pemeriksaan sarana dan prasarana kerja di ruang Pemimpin Redaksi serta ruang kerja tim redaksi KUYOU.ID.

Baca Juga: Menkominfo di Seminar Nasional Dewan Pers Tegaskan Pentingnya Jurnalisme Berkualitas: Jangan Clickbait!

Tim redaksi KUYOU.ID menyampaikan terima kasih atas bimbingan, pencerahan, dan kesempatan yang diberikan oleh tim Dewan Pers yang telah berkenan hadir melakukan verifikasi faktual terhadap media online KUYOU.ID.




KUYOU.IDDewan PersVerifikasi faktual KUYOU.IDVerifikasi faktual Dewan Persamsicahyo wibowoagoez perdanaasosiasi media siber indonesiakuyouverifikasi media

Share to: