Pemanjat Cilik Cikal Damarwulan Raih 2 Medali di Asian K Championship 2023

Pemanjat Cilik Cikal Damarwulan Raih 2 Medali di Asian K Championship 2023

Pemanjat Cilik Cikal Damarwulan Raih 2 Medali di Asian K Championship 2023

Cikal Damarwulan (foto: Instagram/@cikaldamarwulan)


Pemanjat tebing cilik asal Bandung, Cikal Damarwulan menorehkan prestasi di kancah Internasional. Ia  berhasil membawa pulang dua medali dalam ajang Asian K Championship 2023 yang digelar di India.

Cikal meraih medali perak di kategori Lead Youth C Male dan medali perunggu di kategori Boulder Youth C Male. Ajang kali ini diakui Cikal membuatnya bersemangat serta gugup karena menjadi pengalaman bertanding di kompetisi resmi International Federation of Sport Climbing (IFSC) yang pertama baginya.

Baca juga: Atlet Basket Ini Persembahkan Medali Emas Untuk Ulang Tahun Erick Thohir Ke-52

“Rute & masalahnya sangat teknis & sulit. Namun secara keseluruhan itu adalah pengalaman yang sangat berharga. Dan juga sangat senang bisa bertemu teman baru dari seluruh Asia,” ungkap CIkal di Instagram dikutip Selasa (12/11/2023).

Diketahui Cikal adalah pemanjat tebing yang lahir pada 8 September 2010 sehingga saat ini usianya masih 13 tahun. Dibalik usianya yang masih muda, Cikal ternyata telah tertarik dan mulai mengenal dunia panjat tebing (rock climbing) sejak usianya masih 4 tahun. Ketika usianya menginjak 7 tahun, Cikal diperbolehkan untuk bergabung dengan klub panjat tebing Eiger Climbing Center (ECC) di Bandung. 

Latihan demi latihan yang ia jalani membawanya mulai mengikuti kompetisi di usia 8 tahun. Bahkan ia meraih medali pertamanya di usia 9 tahun. Tahun 2019, Cikal sudah mengumpulkan 10 medali emasi dari berbagai kompetisi tingkat kota, provinsi, regional, hingga nasional. 

Baca juga: Biodata Veddriq Leonardo Lengkap Umur Asal Hingga Agama, Atlet Panjat Tebing Indonesia yang Jadi Juara Dunia

Usai pandemi, CIkal kembali meraih prestasi di berbagai kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional. Beberapa diantaranya adalah juara 1 Lead Youth C Male, juara 2 Speed Youth C Male, juata 2 Boulder Youth C Male di ajang Singapore National Climbing Championship SG Climb One.

Sementara tahun ini, Cikal juga berhasil meraih Juara 1 Boulder Youth 3 Male di Cranck Youth Bouldering Series 2023 Malaysia hingga  Juara 1 Lead Youth C Male di Ground Up Klip Lead Climbing Competition Singapura 2023.




Asian K Championship 2023Panjat TebingAtlet Panjat TebingCikal DamarwulanProfil Cikal Damarwulan

Share to: