The Panturas Ungkap Rencana Padukan Budaya Sunda dalam Karya Terbaru

The Panturas Ungkap Rencana Padukan Budaya Sunda dalam Karya Terbaru

The Panturas Ungkap Rencana Padukan Budaya Sunda dalam Karya Terbaru

The Panturas (foto: Instagram/@thepanturas)


 Grup musik asal Jatingangor, Jawa Barat, The Panturas mengungkapkan rencana untuk merilis karya terbaru. Berbeda dari sebelumnya, grup musik yang digawangi oleh Abyan, Rizal, Kuya, dan Gogon ini ingin memasukan unsur tradisi budaya Sunda dalam karya terbarunya nanti. 

“Kebetulan The Panturas sudah ada plan (rencana) buat ngebawa budaya Sunda. Di karya kami yang belum rilis, kami tuh pengin memperkenalkan budaya Sunda,” ungkap Gogon, personel The Panturas di Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (15/12/2023). 

Menurut Gogon, saat ini unsur tradisi dalam musik memberikan warna tersendiri. Hal ini juga memiliki potensi yang besar karena memiliki banyak peminatnya. 

“Sebenarnya musik tradisi punya potensi. Sekarang musik ini juga banyak disukai juga justru sama orang-orang di luar Indonesia, musik begini mereka merasa musik begini seksi,” katanya.

“Jadi itulah kenapa kami cukup aware sama musik tradisi yang dipaduin sama The Panturas,” imbuhnya. 

The Panturas juga baru saja berkolaborasi dengan Iga Massardi, grup Lorjhu, dan Putra Sriwijaya dalam sebuah pertunjukan Collabonation X Vol.3. Kolaborasi dalam bentuk video ini menghadirkan empat lagu, yakni “Can Macanan” dan “Abhantal Ombak” milik Lorjhu’ serta “Tipu Daya” dan “Tafsir Mistik” karya The Panturas.




The PanturasLagu Baru The PanturasCollabonation X Vol.3

Share to: