Kaleidoskop Tren Makanan Viral Tahun 2023, Seblak Rafael hingga Es Kul Kul

Kaleidoskop Tren Makanan Viral Tahun 2023, Seblak Rafael hingga Es Kul Kul

Kaleidoskop Tren Makanan Viral Tahun 2023, Seblak Rafael hingga Es Kul Kul

Kaleidoskop Tren Makanan Viral Tahun 2023 (Foto: Istimewa)


Tahun 2023 akan segera berakhir dalam beberapa hari lagi. Selama tahun 2023, ada beberapa makanan yang viral di kalangan warganet.

Mulai dari seblak rafael hingga es kul kul, banyak warganet yang penasaran dengan makanan-makanan yang viral tersebut.

Baca Juga: Kaleidoskop Artis Meninggal di Tahun 2023, Yayu Unru hingga Chef Haryo

Dan berikut kami berikan kaleidoskop tren makanan viral di tahun 2023 yang sudah tim KUYOU.id rangkum.

1. Seblak Rafael

Seblak ini bernama seblak coet. Namun karena awal viral berasal dari postingan Rafael SMASH maka dari itu banyak yang menyebutnya sebagai seblak rafael.

makanan khas Sunda ini sukses di-recook dan menjadi ladang usaha banyak masyarakat. Cara memasak makanan yang terdiri dari kerupuk rebus dan sambal rawit hijau ini cukup mudah.

Kamu hanya perlu mengiris tipis kencur, bawang putih, daun bawang, cabai rawit merah, rawit hijau. Tambahkan garam, kaldu bubuk, dan gula pasir. Lalu siram dengan minyak panas. Campur sambal dengan kerupuk yang telah direbus.

2. Sambal Ganja

Meskipun namanya terdengar berbahaya, sambal ini pastinya tidak menggunakan ganja. Karena bahan dari sambal yang satu ini adalah udang, 4 lembar daun jeruk, lada dan garam secukupnya, 5 belimbing wuluh, 2 batang serai, 6 bawang merah, dan 8 rawit merah.

Cara membuatnya adalah kamu hanya perlu mengulek bawang merah, cabai, belimbing wuluh. Tambahkan irisan daun jeruk dan serai, tiriskan. Lalu, balur udang yang telah dikupas kulitnya dengan garam dan lada, panggang hingga matang. Campur udang panggang dengan sambalnya. Sajikan.

3. Ikan Shisamo

Ikan shisamo atau spirinchus lanceolatus, pada pertengahan tahun ini mendadak dicari oleh banyak orang. Ikan berukuran mini ini viral karena menjadi salah satu menu favorit putra kedua Raffi Ahmad, Rayyanza Malik Ahmad alias Cipung.

Ikan shisamo merupakan ikan air asin yang berasal dari Hokkaido, kawasan paling utara Jepang. Agar lebih sehat, ikan shisamo bisa diolah dengan cara dipanggang atau dikukus.

4. Salad Buah

Salad buah termasuk makanan yang sempat viral pada 2023 ini dan bisa dijadikan menu makanan tahun baru yang sehat.

Salad buah cocok dijadikan sebagai makanan penutup atau dessert, karena rasanya yang nikmat dan segar.

Tapi tentunya agar tetap sehat, perlu tetap perhatikan cara mengolah dan komposisi bahan yang digunakan.

Salad buah yang sehat dan minim kalori bisa dibuat dengan menggunakan potongan buah-buahan segar.

5. Es Kul Kul

Es kul kul sendiri sebenarnya merupakan jajanan jaman dulu (jadul) yang viral di tahun ini.

Es Kul Kul adalah potongan buah yang dibekukan di freezer lalu dibalut dengan cokelat. Cara membuatnya adalah susun buah kesukaanmu (bisa strawberry, pisang, melon, dan sebagainya) di tusukan sate. Bekukan selama enam jam di freezer.

Sembari menunggu buah membeku, potong dark cooking chocolate, lalu ditim hingga meleleh sempurna. Tuang ke gelas atau wadah yang tinggi.

Baca Juga: Kaleidoskop Film Viral dan Populer di Tahun 2023, Barbie hingga Oppenheimer

Celupkan buah yang sudah beku ke dalam larutan cokelat, taburi dengan topping seperti sprinkle atau kacang. Biarkan hingga cokelat membeku. 




Kaleidoskop 2023Makanan viral 2023Kaleidoskop makanan viral 2023

Share to: