Hanung Bramantyo Ungkap Covid-19 Jadi Inspirasi Garap Film 'Trinil'

Hanung Bramantyo Ungkap Covid-19 Jadi Inspirasi Garap Film 'Trinil'

Hanung Bramantyo Ungkap Covid-19 Jadi Inspirasi Garap Film 'Trinil'

Hanung Bramantyo (Foto: Instagram @hanungbramantyo)


Hanung Bramantyo merupakan sosok sutradara yang menggarap film 'Trinil'. Hanung sendiri mengungkapkan perasaannya usai rumah produksi miliknya, Dapur Film kembali menggarap film.

“Ini adalah suatu hal yang berbahagia, karena tidak hanya untuk saya, akhirnya Dapur Film memproduksi film sendiri lagi setelah sekian lama,” ungkap Hanung Bramantyo di sela gala premiere film Trinil di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta, Rabu (27/12/2023).

Baca Juga: Wulan Guritno Ungkap Kesulitan Perankan Karakter Hantu di Film Trinil

Suami Zaskia Adya Mecca ini mengatakan Covid-19 menjadi inspirasi baginya untuk pembuatan film 'Trinil'. 

Foto: Istimewa

“Ide ini pertama muncul saat pandemi 2019. Ya memang 2019 itu horor sekali buat saya ya,” kata Hanung Bramantyo.

Hanung menceritakan betapa horornya situasi pada saat Covid-19 sedang naik-naiknya. 

“Kita semua nggak boleh ke luar rumah dan acnamannya kematian gitu. Memang di sekitar saya di Jogya itu, banyak tetangga saya yang meninggal gitu. Setiap hari juga suara sirine terdengar, itu seolah-olah ada malaikat maut yang setiap saat bisa datang mengetok pintu rumah. Jadi itu sangat horor situasinya,” sambungnya.

Kemudian, Hanung Bramantyo teringat ada satu sandiwara radio horor masa lalu era 80-an berjudul Trinil, yang cukup populer di Yogyakarta pada masanya. Dari situ, Hanung makin tertarik untuk membuat film horor.

“Saya juga ingat sandiwara radio Trinil itu. Trinil ini memang hantu yang legend banget,” papar Hanung Bramantyo.

Hanung Bramantyo sempat berniat mengangkat kisah asli Trinil yang dulu populer di radio ke layar lebar. Hanya saja, Hanung kesulitan mencari skrip asli Trinil hingga memutuskan cuma mengambil inti sari ceritanya saja untuk diadopsi.

“Makanya dari cerita Trinil itu, kami hanya mengadopsi kisah utamanya aja. Jadi Trinil ini seputar intrik ibu dan anak yang mencintai satu orang. Nah, di film ini saya tambah sosok bapaknya,” terang Hanung Bramantyo.

Film Trinil sendiri bercerita tentang pasangan suami-istri, Rara dan Sutan, yang baru saja menikah. Rara mewarisi perkebunan teh milik ayahnya di Jawa Tengah yang ternyata menyimpan kisah kelam di masa lalu.

Baca Juga: "Trinil: Balekno Gembungku" Bakal Jadi Pembuka Film Horor di Awal Tahun 2024

Film tersebut dibintangi oleh Rangga Nattra, Carmela Van Der Kurk, Wulan Guritno dan Shaloom Razade dan tayang di bioskop mulai 4 Januari 2024.




Hanung BramantyoFilm Trinil

Share to: