Baekhyun EXO Dirikan Agensi Sendiri, Chen & Xiumin Diajak Gabung

Baekhyun EXO Dirikan Agensi Sendiri, Chen & Xiumin Diajak Gabung

Baekhyun EXO Dirikan Agensi Sendiri, Chen & Xiumin Diajak Gabung

Baekhyun EXO (foto: Allkpop)


Baekhyun EXO dikabarkan telah mendirikan perusahaan agensi sendiri bernama I&B100. Seluruh prosedur yang diperlukan untuk menjabat sebagai CEO dalam perusahaan tersebut telah selesai. Perusahaan milik Baekhyun telah berdiri sejak 23 Juni 2023, diwaktu yang sama EXO CBX (Chen, Baekhyun, Xiumin) sempat terlibat perbedaan pendapat mengenai kontrak dengan SM Entertainment.

Baca jugaCHEN, Baekhyun, dan Xiumin EXO Akhiri Kontrak dengan SM Entertainment

Baekhyun Ajak Chen & Xiumin Gabung Agensinya

(foto: Soompi)

Mengutip Allkpop, Baekhyun yang telah menandatangani perpanjangan kontrak dengan SM Entertainment pada tahun lalu akan melakukan aktivitas terpisah melalui SM dan perusahaan pribadinya selama kontrak. Ia juga berencana mengajak Chen dan Xiumin bergabung dengan agensi tersebut.

“Rekan anggota Chen dan Xiumin, yang memiliki visi yang sama dengan Baekhyun, juga diharapkan menjadi bagian dari perusahaan ini,” dikutip dari Allkpop Kamis, (4/1/2024).

Sebelumnya pada 8 Agustus 2023 lalu, dalam sebuah siaran langsung di Instagram Baekhyun mengungkap rencananya mendirikan perusahaan sendiri.

“Saya akan menjalankan perusahaan sambil tetap bersama SM, dan terus aktif dengan anggota EXO.” Kata Baekhyun.

Sebelumnya nama Baekhyun juga terdaftar sebagai direktur internal di sebuah perusahaan bernama Primitive Signature. Namun ia membantah nama tersebut adalah perusahaan pribadinya.

"Primitive Signature adalah perusahaan yang didirikan oleh teman saya Casper, dengan tujuan untuk membina koreografer dan penari yang baik. Namun, perusahaan pribadi saya akan menggunakan nama yang berbeda, bukan Primitive Signature." Imbuhnya.

Tanggapan SM Entertainment

(foto: Soompi)

Terkait dengan pendirian perusahaan sendiri, SM Entertainment memberikan komentar bahwa kontrak eksklusif dengan Baekhyun, Chen, dan Xiumin masih berlaku. Mereka mengklarifikasi bahwa aktivitas individu para artis tersebut melalui 'I&B100' Baekhyun adalah bagian dari konsep workshop kolaboratif.

Baca juga: EXO-L Siap-siap! Baekhyun Bakalan Meet and Greet di Jakarta November 2023

"Kontrak eksklusif baru dengan ketiga anggota masih berlaku. Meskipun ketentuan penyelesaian spesifik tidak dapat diungkapkan, telah disepakati bahwa aktivitas individu ketiga anggota, di bawah grup 'CBX' akan difasilitasi,” kata SM Entertainment.




EXOBaekhyun EXOAgensi BaekhyunEXO CBXChen EXOXiumin EXO

Share to: