Lebih dari 5,2 Juta Kunjungan, Bali Masuk Daftar Destinasi Wisata Overtourism 2023

Lebih dari 5,2 Juta Kunjungan, Bali Masuk Daftar Destinasi Wisata Overtourism 2023

Lebih dari 5,2 Juta Kunjungan, Bali Masuk Daftar Destinasi Wisata Overtourism 2023

Bali Masuk Daftar Destinasi Wisata Overtourism 2023 (Foto: kemenparekraf.go.id)


World Travel & Tourism Council telah merilis daftar destinasi wisata overtourism atau kota yang diburu wisatawan sepanjang Januari-November 2023. Bali masuk dalam ke dalam daftar tersebut.

Diperkirakan pendapatan Bali mencapai US$9,5 triliun pada 2023, meningkat 95 persen dari sebelum pandemi. 

Baca Juga: ELEPHANT UNION Jadi Inovasi Penghubung Web3 dengan Keanekaragaman Hayati Hingga Pariwisata

Hal ini memberikan dampak positif sekaligus dampak negatif terhadap Bali. Dampak positifnya terlihat pada bisnis dan ekonomi lokal yang meningkat. Namun di satu sisi, juga membawa masalah seperti kebisingan, polusi, lalu lintas, dan tekanan pada sumber daya publik.

Foto: Istimewa

Menurut data dari Dinas Pariwisata (Dispar) Bali, lebih dari 5,2 juta wisatawan mancanegara datang ke Bali dari Januari hingga 26 Desember 2023. Sementara wisatawan domestik mencapai lebih dari 9,4 juta orang.

Sementara itu, Gubernur Bali, I Wayan Koster, telah mewajibkan turis menyertakan daftar perilaku dalam paspor, termasuk larangan mengumpat, menyentuh pohon suci, atau memanjat bangunan. Pelancong asing juga harus membayar pajak Rp150 ribu mulai 14 Februari 2024. 

Baca Juga: Fakta-fakta Marawa Beach Club Lengkap Alamat, Tempat Wisata di Padang Milik Raffi Ahmad

Selain Bali, ada beberapa kota lainnya yang masuk ke dalam daftar destinasi wisata overtourism, seperti Amsterdam, Lanzarote, Venice, Barcelona, Bhutan, Santorini, Amalfi Coast, Machu Picchu, Thailand, Cornwall, dan Jepang.




BaliDestinasi wisata overtourismBali overtourism

Share to: