ELEPHANT UNION Jadi Inovasi Penghubung Web3 dengan Keanekaragaman Hayati Hingga Pariwisata

ELEPHANT UNION Jadi Inovasi Penghubung Web3 dengan Keanekaragaman Hayati Hingga Pariwisata

ELEPHANT UNION Jadi Inovasi Penghubung Web3 dengan Keanekaragaman Hayati Hingga Pariwisata

Elephant Union (foto: Instagram/@elephantunion)


Perkembangan dunia Web3 di tanah air terus menjamur dan semakin banyak diadaptasi oleh berbagai sektor, tak terkecuali sektor lingkungan dan pariwisata.

Bertepatan dengan Hari Gajah Internasional 12 Agustus 2023 lalu, hadir sebuah komunitas bernama Elephant Union yang menjadi menjembatani antara dunia Web3 dengan ekonomi kreatif, keanekaragaman hayati, dan pariwisata dengan slogan #LivingTogether. 

Komunitas ini hadir dengan misi pendekatan yang lebih konkrit dalam menyampaikan tujuan sosialnya melalui berbagai aktivasi. Mulai dari penyajian informasi mengenai gajah di media sosial, pengembangan ekowisata yang berkelanjutan, hingga pemanfaatan elemen teknologi.

Baca juga: Gadjah Fest 2023 Sukses Digelar di Lampung, Hadirkan Talkshow hingga Konser Musik yang Meriah

“Elephant Union adalah bentuk estafet keberlanjutan misi Gadjah Society yang telah didirikan sejak tahun 2021 untuk memberikan dampak nyata bagi bumi, terutama satwa gajah melalui kemajuan teknologi," ungkap Muhammad Fauzan Iskandar, founder Elephant Union.

Fauzan juga menyebutkan bahwa kini kegiatan Elephant Union telah dimulai dan memberikan dampak bagi sebuah desa di lingkungan Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur.

"Perjalanan kami masih sangat panjang dan kami telah memulai dampak nyata tersebut dengan fokus di salah satu desa penyangga Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur. Kami berharap dapat merentangkan keberadaan kami ke titik lainnya dalam upaya ini” katanya.

Fokus Utama Elephant Union

Elephant Union berkomitmen untuk membawa hidup berdampingan antar makhluk hidup di bumi menjadi sebuah kenyataan yang seimbang. Mereka memiliki 6 fokus utama dalam menjalankan misinya.

1. Elephant Union Social Works, mengundang semua orang untuk bergabung dalam gerakan ini sebagai relawan untuk menciptakan dampak nyata. Elephant Union terlibat dalam proyek dan kegiatan untuk mendorong perubahan positif, mempromosikan kesetaraan, dan meningkatkan kesejahteraan, mencerminkan komitmen Elephant Union terhadap tanggung jawab sosial.

2. Elephant Union Trees yakni sebuah unit yang berfokus pada penanaman dan pertumbuhan pohon endemik dengan menggunakan kotoran gajah sebagai media tanam. 

3. Elephant Union Labs yang berfokus pada memaksimalkan inovasi teknologi dan seni sebagai platform solusi untuk gerakan Elephant Union.

4. House of Elephants yang diciptakan untuk menambah daya tarik yang memenuhi kriteria pariwisata, menyediakan tempat istirahat terbuka yang dapat dipesan langsung, pariwisata komersial, dan menjadi platform pariwisata gajah satu atap di Indonesia dengan berbagai penawaran yang tersedia di daerah tersebut.

5. Gadjah Fest, sebuah kegiatan yang akan mengundang semua pihak untuk berkumpul dan bersatu dalam menyuarakan semangat ketahanan bersama masyarakat dan lingkungan sekitarnya. 

6. Elephants Collection yakni sebuah koleksi beragam karya kreatif dan barang dagangan, baik yang diproduksi secara independen maupun yang didesain secara kolaboratif, bertujuan untuk mengkomersialkan hak kekayaan intelektual yang dimiliki oleh Elephant Union.

Baca juga: DREZZO Persembahkan Pengalaman Unik Lewat Augmented Reality di Gadjah Fest 2023

Elephant Union bercita-cita untuk memberikan solusi terhadap tantangan yang menghadang sebuah gerakan, baik dalam aspek keberlanjutan logistic maupun dalam berkembang menjadi gerakan yang membawa kebanggaan bagisiapa pun yang terlibat. Ini akan dicapai melalui pendekatan berbasis  komunitas yang difasilitasi oleh hak kekayaan intelektual (IP) yang dibawa.




Elephant UnionNFTGajah SumateraHouse of ElephantMuhammad FauzanWeb3PariwisataTeknologi

Share to: