#CekFakta: Jelang Debat Ketiga, Cek Fakta Prabowo-Gibran Berikut!

#CekFakta: Jelang Debat Ketiga, Cek Fakta Prabowo-Gibran Berikut!

#CekFakta: Jelang Debat Ketiga, Cek Fakta Prabowo-Gibran Berikut!

Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka


Jelang debat ketiga malam ini, beberapa artikel dan postingan di media sosial turut ramai memberitakan paslon capres dan cawapres yang akan mengikuti pemilihan Presiden 2024. Tak terkecuali, artikel mengenai paslon no urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Kuyou, telah merangkum merangkum beberapa rumor yang beredar di beberapa media dan media sosial untuk di#CEKFAKTAnya;

Rumor: Prabowo Subianto memilki penyakit bawaan mulai dari vertigo, stroke, hingga cuci otak.

CekFakta: Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, telah menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (26/10/2023), sebagai salah satu syarat mendaftar sebagai paslon Capres-Cawapres. Hasilnya pun sudah dinyatakan sehat. “Hasil pemeriksaan terhadap pasangan Prabowo-Gibran oleh tim pemeriksa dinyatakan bahwa bakal pasangan mampu untuk menjalankan tugas sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Kemudian yang kedua dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba. Demikian yang dapat kami sampaikan semua hasil pemeriksaan ini detail dilampirkan kepada KPU”, terang Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari.

Rumor: Prabowo Subianto beragama Kristen

CekFakta: Adik Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo, mengatakan keluarga besarnya sangat Pancasilais. Hashim bercerita mengenai keragaman di keluarganya. "Keluarga kami, Djojohadikusomo (ialah) keluarga Pancasilais menurut kami dan tak ada masalah," ujar Hashim di Gedung Bhayangkari, Jalan Senjaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (27/1/2019). "Kakak kami Katolik, saya Kristen (protestan), Prabowo haji (Islam). Satu lagi kakak perempuan Prabowo Islam,” jelasnya. Hashim menegaskan Prabowo hanya menghadiri perayaan Natal keluarga dan sama sekali tidak ikut beribadah.

Rumor: Beredar gambar Artificial Intelligence (AI) di media sosial yang memperlihatkan capres-cawapres Prabowo-Gibran mengenakan dasi dan pin pelangi. Gambar tersebut dinarasikan sebagai bentuk dukungan mereka untuk gerakan LGBT.

CekFakta: Sekjen Jaringan Nasional (Jarnas) For Gibran, Azwar Muhammad menegaskan Prabowo-Gibran tidak mendukung atau pro LGBT. "Narasi Prabowo-Gibran pro LGBT itu adalah pelintiran dan sengaja digoreng oleh beberapa pihak lewat media. Saya tegaskan Prabowo-Gibran tidak pro LGBT," tegas Azwar. Menurutnya, narasi yang digiring dan dikaitkan dengan pernyataan Jubir TKN Prabowo-Gibran tentang persamaan hak warga negara itu sangat kontra produktif dengan kampanye anti hoaks.

Rumor: Ijazah Gibran palsu. 

CekFakta: Komisioner KPU RI, Idham Holik yang menyebut seluruh berkas pasangan capres-cawapres, termasuk Gibran sudah memenuhi syarat. Idham juga menjelaskan bahwa pasangan capres-cawapres telah menyerahkan dokumen salinan bukti kelulusan berupa foto kopi ijazah yang telah dilegalisir. KPU justru telah memastikan ijazah Gibran telah memenuhi syarat. 

Rumor: Gibran meminta debat cawapres ditiadakan. 

CekFakta: Dari hasil penelusuran, tak pernah ada berita dari media yang kompeten bahwa Gibran tidak menginginkan adanya debat cawapres. Bahkan, penampilannya dalam debat cawapres pertama, menjadi jawaban kesiapan Gibran untuk tampil dalam debat resmi bersama dua cawapres lain. Hasilnya pun menuai banyak pujian dari banyak pihak.

Rumor: Gibran menggunakan alat komunikasi tambahan saat debat cawapres pertama. 

CekFakta: Klaim yang menyebutkan bahwa cawapres no 02, Gibran Rakabuming Raka menggunakan 3 mic dan berbeda dengan 2 cawapres lainnya adalah salah. Cawapres no urut 01, Muhaimin Iskandar dan cawapres no urut 3, Mahfud MD, juga menggunakan alat yang sama. Yaitu, dengan yang digunakan oleh Gibran Rakabumin Raka. Kontroversi seputar alat canggih di bagian belakang tubuh Gibran juga menjadi bahan pembicaraan dan candaan oleh komika Tretan Muslim dan Coki Pardede.




Gibran Rakabuming RakaPrabowo SubiantoDebat ketigafakta prabowofakta gibrancek fakta

Share to: