TikTok Akuisisi Tokopedia, Nilai Transaksi Capai Rp 23 Triliun

TikTok Akuisisi Tokopedia, Nilai Transaksi Capai Rp 23 Triliun

TikTok Akuisisi Tokopedia, Nilai Transaksi Capai Rp 23 Triliun

TikTok Akuisisi Tokopedia (Foto: Istimewa)


TikTok resmi merampungkan proses akuisisi platform marketplace milik Grup GoTo, Tokopedia.

Dengan transaksi ini, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia secara resmi bergabung di bawah PT Tokopedia. 

Baca Juga: TikTok Tengah Kembangkan Fitur AI yang Dapat Ciptakan Lagu Sendiri

Foto: Istimewa

Hal ini diumumkan langsung oleh TikTok dalam sebuah keterangan terulis di situs Newsroom Tiktok Indonesia, Rabu (31/1/2024). Transaksi tersebut dilakukan sebagai upaya memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan berfokus pada pemberdayaan dan perluasan UMKM.

"PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Grup GoTo) dan TikTok pada hari ini mengumumkan penyelesaian dari transaksi yang akan memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional," tulis TikTok.

Diberitakan, TikTok menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 23,4 triliun (asumsi 1 dollar AS = Rp 15.609).

Foto: Istimewa

Investasi itu sebagai komitmen jangka panjang untuk berinvestasi mendukung operasional. Hal ini dilakukan tanpa dilusi lebih jauh terhadap kepemilikan GoTo di Tokopedia.

Baca Juga: Kaleidoskop Lagu Viral TikTok Tahun 2023, Ada Komang hingga Kill Bill

TikTok tak merinci besaran sahamnya di PT Tokopedia. Namun, menurut laporan Bloomberg sebagaimana dikutip KompasTekno, TikTok Shop nantinya akan menguasai sekitar 75 persen saham Tokopedia. Sementara sisanya atau 25 persen saham Tokopedia tetap akan dimiliki oleh Grup GoTo.




TikTokTokopediaTikTok akuisisi Tokopedia

Share to: