Cerita Joko Anwar Tolak Syuting di Hollywood Demi Garap Siksa Kubur

Cerita Joko Anwar Tolak Syuting di Hollywood Demi Garap Siksa Kubur

Cerita Joko Anwar Tolak Syuting di Hollywood Demi Garap Siksa Kubur

Joko Anwar di press conference film Siksa Kubur (foto: Istimewa)


Joko Anwar mengungkapkan bahwa film Siksa Kubur memiliki makna tersendiri baginya. Film ini menjadi film ke-10 yang ia garap sepanjang kariernya. Hal itu membuat Joko Anwar tak ingin main-main dengan filmnya kali ini. Ia bahkan menolak syuting di Hollywood demi menggarap film Siksa Kubur. 

Baca jugaReza Rahardian Sebut Sosok Joko Anwar Jadi Alasannya Ambil Peran di Film 'Siksa Kubur'

“Sebenarnya aku juga cukup meromantisasi film ke-10 ku, yang menurutku itu angka yang paling bermakna. Ketika aku sempat mengumumkan Siksa Kubur yang harusnya syuting pada 2024 maju ke 2023, cerita di baliknya sebenarnya pada 2023 itu harusnya syuting di Hollywood.” kata Joko Anwar pada Senin, (4/3).

Pria 48 tahun ini mengaku tak ingin membuat film yang biasa untuk film kesepuluhnya. Sehingga ia harus mengambil risiko dengan menggarap Siksa Kubur yang akan tayang bulan depan. 

“Menjadi pergulatan batin, ketika itu. beberapa teman bilang, ‘masak, film ke-10 masih mau sama kayak yang lo bikin sebelum-sebelumnya, film-film yang entertaining, dan lain-lain?’ Jadi aku tolak (proyek film Hollywood). Ya memang berisiko, tetapi risiko yang worth it,” tuturnya. 

Selain itu, Joko Anwar juga menilai menggarap film religi ini membutuhkan waktu yang lama karena memerlukan kehati-hatian.

“Bahayanya, jika Siksa Kubur tidak dikerjakan dengan hati-hati malah kesannya main-main. Alih-alih dapat sodaqoh jariyah malah dapat dosa jariyah dan siksa kubur. Salah satu yang kami diskusikan juga, adalah desain cerita, representasinya akan seperti apa. Ketika sudah punya kekuatan dengan track record film-filmku ditonton banyak orang, kalau tidak digunakan untuk yang berguna rasanya percuma,” katanya. 

Baca juga: Joko Anwar Ungkap Kesulitan Garap Film 'Siksa Kubur'

Film Siksa Kubur dibintangi oleh Faradina Mufti, Reza Rahadian, Fachri Albar, Christine Hakim, Slamet Rahardjo, Niniek L Karim, Jajang C. Noer, Muzakki Ramdhan, Widuri Puteri, Happy Salma, dan Putri Ayudya. Film ini dijadwalkan tayang pada libur lebaran 2024. 




Joko AnwarFilm Siksa Kubur

Share to: