Bogor Raih Piala Adipura Lagi, Bima Arya Apresiasi Kolaborasi Pemkot dan Warga

Bogor Raih Piala Adipura Lagi, Bima Arya Apresiasi Kolaborasi Pemkot dan Warga

Bogor Raih Piala Adipura Lagi, Bima Arya Apresiasi Kolaborasi Pemkot dan Warga

Bima Arya saat pawai Piala Adipura 2023 (foto: Istimewa)


Kota Bogor kembali meraih penghargaan Piala Adipura di tahun 2024 sebagai salah satu kota terbersih di Indonesia selama dua tahun berturut-turut. Wali Kota Bogor, Bima Arya akan menerima secara langsung penghargaan ini di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta pada Selasa, (5/3). 

Keberhasilan kota Bogor ini dinilai merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintahan Kota, petugas kebersihan, komunitas, serta masyarakat di Kota Bogor sendiri. 

Baca juga: 10 Tahun Menjabat, Ini Program Bima Arya yang Sukses Kurangi Kemacetan di Kota Bogor

“Terutama Pasukan Kuning, petugas kebersihan, Park Ranger, berbagai gerakan kebersihan, seperti Bogorku Bersih yang terus berjalan konsisten, serta komunitas-komunitas, di antaranya Komunitas Peduli Ciliwung dan Bogor Clean Action yang terus mengawal,” kata Bima Arya, Senin (4/3). 

Setelah menerima piala, Bima Arya juga mengungkap bahwa piala Adipura akan diarak killing kota Bogor mulai siang ini. Sebelum itu, piala akan dipusatkan lebih dulu di Alun-Alun Kota Bogor. Bima Arya memaknai pawai ini sebagai ajang sosialisasi dan motivasi bagi warga agar terus menjaga kebersihan kota hujan tersebut.

“Ini tradisi yang kami bangun agar ada ikatan emosional antara warga dengan Piala Adipura. Supaya mereka senatiasa menjaga kebersihan kota ini,” katanya. 

Jika Bogor kembali meraih piala Adipura tahun depan, maka kota tersebut berkesempatan untuk meraih penghargaan Adipura Kencana. Selama sepuluh tahun masa jabatan Bima Arya, ia diketahui telah melakukan berbagai terobosan untuk menjaga kebersihan kota.

Bima Arya membangun 30 TPS3R dan 124 Bank Sampah di seluruh kecamatan di Kota Bogor untuk membangun kebiasaan bersih di lingkungan warga. Selain itu, ia juga menyediakan 13 mesin tukar botol plastik di berbagai tempat umum. 




Bima AryaBogorPiala Adipura BogorWalikota Bogor

Share to: