Pakar Sebut Gibran Dongkrak Suara Paslon 02 di Pemilu 2024

Pakar Sebut Gibran Dongkrak Suara Paslon 02 di Pemilu 2024

Pakar Sebut Gibran Dongkrak Suara Paslon 02 di Pemilu 2024

Tangkapan layar video Youtube Total Politik bertajuk “Gibran Geser Suara Banteng Buat Prabowo, Begini Cara Permainannya”


Sejumlah pakar menilai kehadiran Gibran menjadi pendongkrak suara Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Dilansir dari video Youtube Total Politik bertajuk “Gibran Geser Suara Banteng Buat Prabowo, Begini Cara Permainannya” terungkap bagaimana sosok Gibran hadir dan meraih suara masyarakat bawah hingga Gen Z dan milenial lewat media sosial. Terlebih saat ini media sosial TikTok dianggap sebagai game changer di Pemilu 2024.

“Pengalaman pemilu kemarin, ternyata masyarakat Indonesia, mereka lebih banyak merespon (pemilu) di Platform TikTok,” ujar Rustika Herlamban, Direktur Komunikasi Indonesia Indicator. 

Menurut data Indonesia Indicator, Prabowo-Gibran lebih menguasai di media sosial dan media mainstream. Bahkan hasil survey di lapangan disebut mirip dengan hasil engagement media sosial.

“Jadi dari Februari sampai Mei itu Ganjar masih nomor satu dan paling tinggi, tapi begitu Gibran masuk sebagai capres Prabowo terjadi lonjakan tinggi di engagement yang cukup jauh sekali dari paslon dua lainnya,” kata Rustika.

Hal serupa juga disampaikan oleh Direktur Strategis Pusat Penerangan Politik (Puspenpol), Adrian Zakhary. Ia menilai bahwa Gibran paham bermedia sosial sehingga ia membangun dan mengaktivasi official accountnya agar masyarakat dapat mengenal sosok personalnya. Terbukti paslon 02 menjadi sangat populer di TikTok.

“Munculnya mas Gibran ini menjadi sosok penting dan saya lihat Mas Gibran cukup aware dengan hal itu. Bagaimana beliau mengaktivasi dari official akunnya sendiri, dari inisiasi yang dilakukan, kreatif-kreatif yang dibikin, gimmick-gimmick di sosial media. Artinya apa, kita melihat Gibran Effect sangat berpengaruh terhadap kemenangan satu putaran,” tutur Adrian.

“Beliau aware ini tentang Pilpres dimana orang harus lebih mengenal beliau. Mungkin untuk Solo, Jawa Tengah, Jakarta sudah banyak yang tahu tapi kita lihat kampanye dan banyak kegiatan kreatif ke daerah. Orang harus mengenal beliau lebih masif jadi kemunculan beliau di official account menurut saya adalah kesadaran dari Mas Gibran agar orang lain mengenal lebih jauh tentang sosoknya,” imbuhnya. 

Bahkan Gibran dinilai mampu meningkatkan elektabilitas pasangannya, Prabowo Subianto di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur yang sebelumnya dinilai rendah. Kuat Hermawan selaku Koordinator Nasional Relawan Bolone Mase mengungkap bahwa Gibran juga menyentuh hati masyarakat bawah. Mereka menganggap Gibran adalah sosok inspirasi.

“Jawa Tengah, Jawa Timur, anak-anak mudanya kalau ditanya kenapa milih Gibran? karena Gibran itu inspirasi. Bukan karena Gibran anaknya Presiden, bukan walikota, itu banyak di kampung-kampung,” ungkap Kuat. 

“Anak-anak muda di Jawa Tengah dan Jawa Timur, ketika harus memilih paslon ini, inspirasinya dari Mas Gibran. Anak Presiden yang portofolionya selama ini bicara soal UMKM. Yang dilihat saat ini bukan Gibran sebagai anak Presiden tapi Gibran sebagai anak Presiden menginspirasi banyak anak-anak lain,” tegasnya. 




Gibran RakabumingPemilu 2024Prabowo SubiantoPolitik 2024

Share to: