Rekomendasi Wisata Religi di Kota Solo yang Cocok Dikunjungi

Rekomendasi Wisata Religi di Kota Solo yang Cocok Dikunjungi

Rekomendasi Wisata Religi di Kota Solo yang Cocok Dikunjungi

Rekomendasi Wisata Religi di Kota Solo (Foto: Instagram @pemkot_solo)


Pemerintah Kota (Pemkot) Solo selalu berupaya agar menjadikan Kota Solo menjadi kota yang ramah terhadap semua agama.

Salah satunya dengan memperbaiki fasilitasi beberapa tempat wisata religi di Kota Solo. Berbagai destinasi wisata religi dapat kita temukan di sudut-sudut Kota Solo.

Penasaran apa saja destinasi wisata religi di Solo? Yuk simak rekomendasi wisata religi di Kota Solo.

1. Masjid Sheikh Zayed Solo

Masjid terbesar dan terluas di Solo ini diresmikan pada 14 November 2022. Masjid Sheikh Zayed dilengkapi dengan beragam fasilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas dan lansia.

2. Pura Indra Prasta

Dibangun pada tahun 1986, tempat ibadah umat Hindu ini berdiri di lahan seluas sekitar 1.000 meter persegi. Dulunya, Pura Indra Prasta ini merupakan lahan milik negara, namun kini sepenuhnya milik Pura tersebut.

3. Masjid Agung Surakarta

Masjid yang berarsitektur jawa kuno ini merupakan salah satu masjid kuno di Indonesia. Masjid Agung ini menempati lahan seluas 19.180 meter persegi.

4. Gua Maria Mojosongo

Bagi kalian umat Katolik, kalian bisa berkunjung ke Gua Maria Mojosongo. Pada awalnya Gua Maria Mojosongo ini hanyalah sebuah tanah lapang yang dipenuhi belukar dengan salib besi di tengahnya, kemudian pada tahun 1983 tempat ini resmi dijadikan sebagai tempat ziarah umat Katolik. 

5. Vihara Dhamma Sundara

Salah satu tempat yang bisa dikunjungi selanjutnya untuk wisata religi ialah Vihara Dhamma Sundara. Tempatnya yang begitu luas, tenang, dan asri cocok untuk kalian yang sedang mencari ketenangan batin. Keunikan vihara ini sendiri terletak pada bangunan utamanya yang atapnya berbentuk limasan.

Tak hanya itu, kalian juga akan menemukan candi putih yang memiliki stupa besar di puncaknya serta beberapa stupa kecil di puncak bawahnya. Vihara yang didirikan pada tahun 2002 oleh Sundara Husea ini sukses menjadi destinasi wisata religi di Solo.




Wisata religi SoloRekomendasi Wisata religi SoloMasjid Sheikh Zayed SoloPura Indra PrastaMasjid Agung SurakartaGua Maria MojosongoVihara Dhamma Sundara

Share to: