Wae Rebo di NTT Dinobatkan sebagai Desa Tercantik Kedua di Dunia Versi The Spectator Index

Wae Rebo di NTT Dinobatkan sebagai Desa Tercantik Kedua di Dunia Versi The Spectator Index

Wae Rebo di NTT Dinobatkan sebagai Desa Tercantik Kedua di Dunia Versi The Spectator Index

Wae Rebo di NTT Dinobatkan sebagai Desa Tercantik Kedua di Dunia (Foto: Wonderful Indonesia)


Lembaga survei internasional The Spectator Index menobatkan Kampung Adat Wae Rebo yang terletak di Kampung Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai desa tercantik kedua di dunia.

The Spectator Index berfokus di dunia politik, ekonomi, sains, olahraga, keamanan, strategi, hubungan internasional, hak asasi manusia, dan kebudayaan.

Baca Juga: Fakta dan Profil Nono, Bocah Jenius asal NTT yang Juara Lomba Matematika Internasional

The Spectator Index membagikan hasil survei mereka melalui akun resmi Twitter (X) mereka pada Sabtu, 16 Maret 2024 lalu yang disertakan deskripsi dalam tweet-nya “Desa Tercantik di Dunia 2024”.

Foto: Wonderful Indonesia

Desa yang dikenal juga sebagai “Desa di Atas Awan” ini berada di Provinsi NTT ini menempati peringkat kedua setelah Rothenburg Ob der Tauber di Jerman yang berhasil bertengger di posisi pertama.

Selain dinobatkan jadi desa tercantik kedua di dunia, Wae Rebo juga merupakan lokasi Konservasi Warisan Budaya UNESCO.

Desa Wae Rebo di Kabupaten Manggarai, NTT ini merupakan desa yang letaknya di ketinggian 1.100 Mdpl, dengan populasi hanya ada sekitar 1.200 jiwa.

Baca Juga: Fakta-fakta RDP Generation Hip Hop, Trio Rapper asal NTT Jadi Pengisi Acara G20 Bali

Salah satu keindahan alam yang dimiliki Kampung Adat Wae Rebo adalah letaknya yang dikelilingi oleh pegunungan dan budaya yang tetap dijaga hingga saat ini.

Budaya desa Wae Rebo yang masih dijaga sampai hari ini adalah rumah adat berbentuk kerucut yang terbuat kayu dengan atap berbahan ilalang. Rumah tradisional yang dinamakan Mbaru Niang tersebut dari dulu jumlahnya hanya ada tujuh.




Wae ReboDesa Wae ReboWae Rebo NTTNusa Tenggara TimurThe Spectator Index

Share to: