Kumpulan Misteri Malam 1 Suro, Apakah Berkaitan dengan Islam Muharram 1443 H?

Kumpulan Misteri Malam 1 Suro, Apakah Berkaitan dengan Islam Muharram 1443 H?

Kumpulan Misteri Malam 1 Suro, Apakah Berkaitan dengan Islam Muharram 1443 H?

Kolase Foto Misteri Malam 1 Suro (Foto: Berbagai Sumber)


Malam 1 Suro 2021 bertepatan dengan pergantian tahun dalam Islam, yaitu Muharram 1443. Malam 1 suro sendiri identik dengan hal-hal sakral dan penuh misteri. Simak yuk kumpulan misteri malam 1 suro berikut ini. 

Masyarakat Jawa sendiri percaya bahwa malam 1 suro menyimpan beragam kisah mistis. Banyak juga yang percaya bahwa malam 1 suro merupakan lebarannya makhluk gaib. 

Malam 1 suro sering dikaitkan dengan penampakan dan gangguan makhluk halus gaes. Tak jarang, banyak masyarakat kejawen juga percaya bahwa malam 1 suro menjadi malam terburuk dalam satu tahun yang banyak terjadi musibah atau bencana. 

Tak heran, pada malam 1 suro ini, masyarakat kejawen sering melakukan tradisi ruwatan atau buang sial. 

Adanya malam 1 suro ternyata masih berkaitan dengan tahun baru Islam Muharram gaes. Nama Suro sendiri tercipta saat zaman mataram Islam kuno oleh Sultan Agung Hanyokrokusumo. 

Saat itu, Sultan Agung Hanyokrokusumo ingin menyatukan masyarakat Jawa yang tepecah karena berbeda keyakinan, yaitu penganut kejawan dan putihan. 

BACA JUGA: Tata Cara Amalan Malam 1 Suro ala KH Abdul Ghofur Pengurus Ponpes Sunan Drajat, Banyak Manfaat

Selam ini, malam 1 suro dikenal mistis dan penuh misteri. Inilah beberapa kumpulan misteri malam 1 suro gaes. 

1. Mandi atau padusan

Salah satu kepercayaan masyarakat kejawen, malam 1 suro diisi dengan tradisi padusan atau mandi di sebuah sumber mata air. Hal tersebut dilakukan untuk membersihkan diri dari aura negatif dan bersiap dengan tahun yang baru. 

BACA JUGA: Ini Doa Awal Tahun 1 Muharram 1443 H dan Doa Akhir Tahun, Yuk Diamalkan

2. Dilarang melakukan hal ini 

Banyak masyarakat yang percaya jika pada malam 1 suro mengadakan pernikahan, maka keluarga akan ditimpa dengan nasib buruk. 

Nggak cuma itu, menurut legenda dan mitos yang ada, jika seseorang keluar di malam 1 suro, maka orang tersebut akan mengalami kesialan dan hal buruk. 

Banyak yang menyebut bahwa saat malam 1 suro juga dilarang banyak bicara. Hal itu berkaitan dengan tradisi tapa bisu, sebuah tradisi mengelilingi benteng di Yogyakarta dan tanpa banyak bicara, makan, minum, atau merokok. 

3. Makhluk halus bergentayangan

Pada malam 1 suro identik dengan pestanya makhluk halus, mereka dipercaya akan keluar pada malam yang dikeramatkan. Nggak heran deh kalau saat malam 1 suro terdapat banyak larangan-larangan yang dipercaya orang Jawa.

4. Mencuci keris pusaka

Pada malam 1 suro, masyarakat jawa juga sering melakukan tradisi mencuci keris pusaka atau yang dikenal dengan ngumbah keris atau jamasan. Hal tersebut dilakukan untuk membersihkan atau mensucikan dari kotoran keris yang dimaknai sebagai perwujudan senjata dan menjadi pusaka pemiliknya. 

BACA JUGA: Tata Cara Amalan Malam 1 Suro ala Nabi Muhammad SAW, Anti Haram-haram Club Gaes

Nah itulah kumpulan misteri malam 1 suro yang dipercaya banyak orang. Gimana nih menurut kamu gaes? 




malam 1 suroMisteri malam 1 suroKumpulan misteri malam 1 suromalam 1 suro mistishal mistis malam 1 surokumpulan hal mistis malam 1 surotahun baru Islam Muharram 1443 HTata Cara Amalan malam 1 suroTradisi malam 1 suro

Share to: