Tata Cara Amalan Malam 1 Suro ala Nabi Muhammad SAW, Anti Haram-haram Club Gaes

Tata Cara Amalan Malam 1 Suro ala Nabi Muhammad SAW, Anti Haram-haram Club Gaes

Tata Cara Amalan Malam 1 Suro ala Nabi Muhammad SAW, Anti Haram-haram Club Gaes

Ilustrasi Orang Berdoa di Malam 1 Suro, tata cara amalan malam 1 Suro ala Nabi Muhammad SAW (Foto: Pixabay.com)


Berikut tata cara amalan malam 1 suro ala Nabi Muhammad SAW, anti haram-haram club gaes.

Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, ada sebuah perayaan untuk menyambut awal bulan Muharram atau awal tahun Hijriyah, perayaan tersebut dinamakan malam 1 suro. Malam 1 suro sendiri adalah peringatan tahun baru pada kalender Jawa, yang waktunya berdekatan dengan peringatan tahun baru Islam atau tahun baru Hijriyah. Untuk tahun ini, malam 1 suro akan jatuh pada Senin, 9 Agustus 2021.

Baca Juga: Ini Doa Awal Tahun 1 Muharram 1443 H dan Doa Akhir Tahun, Yuk Diamalkan

Nabi Muhammad SAW sendiri, menganjurkan beberapa amalan untuk dilakukan oleh umat Islam pada bulan Muharram. Amalan ini juga bisa dilakukan pada malam 1 suro.

Nah buat kamu yang belum tau tata cara amalan malam 1 suro ala Nabi Muhammad SAW, yuk simak tata cara amalan malam 1 suro ala Nabi Muhammad SAW, anti haram-haram club gaes.

1. Puasa Sunnah Asyura

Puasa Asyura adalah puasa yang dianjurkan pada 10 Muharram. Jika di konversikan ke penanggalan masehi, maka Puasa Tasu'a akan jatuh pada Kamis, 19 Agustus 2021.

Rasulullah SAW mengatakan, bahwa dengan puasa Asyura di bulan Muharram, ia berharap Allah SWT menghapus dosa setahun yang lalu.

2. Puasa Sunnah Tasu'a

Puasa Tasu'a adalah puasa yang dianjurkan pada 9 Muharram. Jika di konversikan ke penanggalan masehi, maka Puasa Tasu'a akan jatuh pada Rabu, 18 Agustus 2021.

3. Bertaubat

Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan umat Islam untuk bertaubat kepada Allah SWT, atas segala dosa yang telah ia perbuat dalam satu tahun ini. Bertaubatnya sendiri bisa dilakukan dengan berdoa sembari memohon maaf dan bertekad untuk tidak mengulanginya lagi kepada Allah SWT.

Baca Juga: Daftar Amalan dan Doa 1 Muharram 1443 H, Mulai dari Puasa, Amal Saleh, Sedekah hingga Bertaubat

4. Sedekah

Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak sedekah. Sedekahnya sendiri bisa dilakukan dengan memberi santunan kepada anak yatim-piatu, membantu keluarga dan teman yang kesusahan, dan membantu orang-orang yang sedang ditimpa musibah, serta masih banyak lagi.

Nah itulah tata cara amalan malam 1 suro yang jatuh pada bulan Muharram menurut Nabi Muhammad SAW. Gimana, udah pada tau kan?




Tahun Baru Islam 1443 HMalam 1 suroAmalan bulan MuharramAmalan malam 1 suroTata cara amalan malam 1 suroTata cara amalan bulan MuharramDaftar amalan bulan Muharram

Share to: