Daftar Amalan dan Doa 1 Muharram 1443 H, Mulai dari Puasa, Amal Saleh, Sedekah hingga Bertaubat

Daftar Amalan dan Doa 1 Muharram 1443 H, Mulai dari Puasa, Amal Saleh, Sedekah hingga Bertaubat

Daftar Amalan dan Doa 1 Muharram 1443 H, Mulai dari Puasa, Amal Saleh, Sedekah hingga Bertaubat

Foto Orang Sedang Mengaji, Daftar Amalan dan Doa 1 Muharram 1443 H (Foto: Pixabay.com)


Siapa yang belum tau amalan dan doa 1 Muharram 1443 H? Berikut daftar amalan mulai dari puasa, amal saleh, sedekah hingga bertaubat, beserta doanya.

Pada tahun ini tepatnya 11 Agustus 2021, umat Islam diseluruh dunia akan merayakan Tahun Baru Islam 1443 H. Untuk merayakannya, seluruh umut Islam dianjurkan untuk menjalankan segala amalan yang telah diperintahkan Allah SWT.

Baca Juga: 10 Gambar Ucapan Tahun Baru Islam dan 10 Ucapan Muharram 1443 H, Pas untuk WhatsApp Lho

Ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dijalankan di bulan Muharram ini, seperti puasa, amal saleh, sedekah hingga bertaubat. Yang semua amalan tersebut memiliki pahala yang berbeda-beda , jika dikerjakan dengan niat hati yang tulus dan berdoa sesuai dengan yang diperintahkan.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan apa saja amalan dan doa di bulan Muharram, yuk simak daftar amalan dan doa 1 Muharram 1443 H, mulai dari puasa, amal saleh, sedekah hingga bertaubat.

Daftar Amalan Bulan Muharram

1. Puasa

Ada dua amalan puasa sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW, diantaranya adalah:

- Puasa Tasu'a

Puasa Tasu'a adalah puasa yang dianjurkan pada 9 Muharram. Jika di konversikan ke penanggalan masehi, maka Puasa Tasu'a akan jatuh pada Rabu, 18 Agustus 2021.

- Puasa Asyura

Puasa Asyura adalah puasa yang dianjurkan pada 10 Muharram. Jika di konversikan ke penanggalan masehi, maka Puasa Tasu'a akan jatuh pada Kamis, 19 Agustus 2021.

Selain dua puasa tersebut, ada beberapa ulama yang mengatakan bahwa adanya puasa setelah 10 Muharram, yakni pada 11 Muharram. Namun, pendapat dan hadist dari beberapa ulama tersebut dinilai lemah oleh Syaikh Syu'aib dan Syaikh  Al-Albani. Namun, puasa di 11 Muharram masih tetap boleh dilaksanakan, karena masih dalam bulan Muharram.

2. Memperbanyak Amal Saleh

Pada bulan Muharram atau bulan pertama dalam kalender Islam, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal saleh. Memperbanyak amal saleh, tentu saja akan mendapatkan sejumlah kenikmatan dari Allah SWT.

Beberapa contoh amalan saleh yang bisa dilakukan adalah berzikir, bersedekah, tilawatil quran dan mengamalkannya.

Baca Juga: Download Twibbon 1 Muharram Tahun Baru Islam 1443 H, Cocok untuk Whatsapp dan Medsos Gaes

3. Sedekah

Pada bulan Muharram, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak sedekah. Bersedekah ini bisa dilakukan dengan memberi santunan kepada anak yatim-piatu, membantu keluarga dan teman yang kesusahan, membantu orang-orang yang membutuhkan, dan masih banyak lagi.

4. Bertaubat

Untuk menyambut lembaran baru di Tahun Baru Islam 1443 H, umat Islam dianjurkan untuk bertaubat dan meminta permohonan maaf kepada Allah SWT, atas segala dosa dan perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja pada tahun sebelumnya.

Doa Akhir dan Awal Tahun

- Doa Akhir Tahun

Doa akhir tahun dibaca sebelum memasuki Tahun Baru Islam 1443 H atau pada hari terakhir bulan Dzulhijjah.

Baca Juga: Ini Doa Awal Tahun 1 Muharram 1443 H dan Doa Akhir Tahun, Yuk Diamalkan

Doa ini berdasarkan Sayid Utsman bin Yahya dalam karyanya Maslakul Akhyar. Yang doanya sebagai berikut.

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya, “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku.

- Doa Awal Tahun

Doa awal tahun bisa dibaca pada detik-detik memasuki hari pertama awal Tahun Baru Islam 1443 H

Berikut adalah doa yang diucapkan Rasulullah SAW pada saat awal tahun Hijriyah yang disebutkan Sayid Utsman bin Yahya dalam karyanya Maslakul Akhyar. 

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya, “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini.

Nah itulah daftar amalan dan doa 1 Muharram 1443 H, mulai dari puasa, amal saleh, sedekah hingga bertaubat. Gimana, udah pada tau kan?




Tahun Baru Islam 1443 HAmalan bulan MuharramDaftar Amalan bulan MuharramDoa akhir tahun HijriyahDoa akhir tahun IslamDoa awal tahun HijriahDoa awal tahun IslamDoa awal tahun 1 Muharram 1443 H

Share to: