Ridwan Kamil Ungguli Anies dalam Survei Pilgub Jakarta Versi ASI

Ridwan Kamil Ungguli Anies dalam Survei Pilgub Jakarta Versi ASI

Ridwan Kamil Ungguli Anies dalam Survei Pilgub Jakarta Versi ASI

Survei Pilgub Jakarta: Ridwan Kamil Ungguli Anies (Foto: Istimewa)


Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) baru saja merilis hasil survei terbaru mereka menjelang Pilgub (Pemilihan Gubernur) Jakarta 2024. Dalam simulasi 15 nama, Ridwan Kamil berhasil mengungguli Anies Baswedan. 

Survei yang dilakukan ASI di Jakarta melibatkan populasi penduduk Indonesia berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah. Wawancara survei dilakukan dengan cara tatap muka, yaitu responden diwawancara secara langsung dengan menggunakan kuesioner oleh enumerator.

Baca Juga: Jadi Wacana Prabowo, Pengamat Ungkap Presidential Club Bisa Jaga Silaturahmi Kebangsaan

Penarikan sampel melalui metode multistage random sampling dengan jumlah sampel 400 responden, margin of error (MoE) adalah +/- 4,9%. Pengambilan data survei dilakukan pada 23-29 April 2024.

Dalam simulasi 15 nama, Ridwan Kamil berhasil menjadi yang teratas, dimana mantan Gubernur Jawa Barat itu meraih 30,5%, disusul mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan raihan 29,0%. Dan di posisi ketiga ada Pj Gubernur Jakarta saat ini, Heru Budi Hartono dengan 7,0% .

Pengamat politik, Adrian Zakhary mengatakan pengalaman Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat menjadi faktor utama banyak warga Jakarta yang menginginkan Kamil untuk memimpin Jakarta lima tahun ke depan.

"Rekam jejak Kang Emil di Jawa Barat pastinya berpengaruh ke dalam survei ini. Banyak warga Jakarta yang kagum dengan kinerjanya sehingga menginginkan Kang Emil untuk memimpin Jakarta," kata Adrian Zakhary.

Direktur Strategis Pusat Penerangan Politik (Puspenpol) itu menyebut Anies Baswedan jika kembali ikut kontestasi Pilgub Jakarta bisa jadi saingan yang berat untuk Ridwan Kamil. Hal ini lantaran keduanya memiliki track record yang sama, yakni sama-sama pernah menjadi Guburnur di suatu Provinsi.

"Anies jika menyatakan akan ikut Pilgub Jakarta lagi bisa jadi saingan yang berat untuk Ridwan Kamil, karena memiliki track record yang sama bagusnya dengan Kang Emil," sebut Adrian.

Sementara itu, berikut ada daftar lengkap 15 besar bursa Pilgub Jakarta 2024-2029 versi Lembaga ASI.

Ridwan Kamil 30,5%

Anies Baswedan 29,0%

Heru Budi Hartono 7,0%

Ahmad Sahroni 6,8%

Tri Rismaharini 4,0%

Ahmad Riza Patria 2,8%

Kaesang Pangarep 2,0%

Erwin Aksa 1,8%

Baca Juga: Ridwan Kamil vs Ahmad Sahroni Bertarung di DKI 1, Puspenpol Nilai RK Unggul Jauh di TikTok

Abdullah Azwar Anas 1,5%

Mardani Ali Sera 1,3%

Bima Arya 0,5%

Ahmed Zaki Iskandar 0,3%

Airin Rachmi Diany 0,3%

Bahlil Lahadalia 0,3%

Hendrar Prihadi 0,3%

Tidak tahu/tidak jawab 12,0%




Lembaga Arus Survei IndonesiaPilgub JakartaSurvei Pilgub JakartaRidwan KamilAnies BaswedanPuspenpolAdrian Zakhary

Share to: