Bitcoin Catat Prestasi Gemilang dengan Proses Satu Miliar Transaksi

Bitcoin Catat Prestasi Gemilang dengan Proses Satu Miliar Transaksi

Bitcoin Catat Prestasi Gemilang dengan Proses Satu Miliar Transaksi

Bitcoin Catat Proses Satu Miliar Transaksi (Foto: Istimewa)


Jaringan Bitcoin telah memproses satu miliar transaksi, ini menjadi momen penting dalam 15 tahun keberadaan Bitcoin yang ditambang pertama kali pada 2009.

Menurut dasbor Bitcoin Clark Moody menunjukkan bahwa transaksi 1.000.000.000 telah tercapai dengan penambangan di blok 842,241 pada pukul 21:34 UTC pada tanggal 5 Mei atau 04.34 WIB pada tanggal 6 Mei 2024.

Baca Juga: Pasca Halving, Pasar Kripto dan Bitcoin Bangkit

Berdasarkan pencapaian ini artinya Bitcoin telah memproses 178.475 transaksi harian telah dalam 5.603 hari keberadaannya. Namun, jumlah transaksi tidak termasuk transaksi yang dilakukan di Lightning Network, jaringan lapisan 2 Bitcoin yang terutama berfokus pada pembayaran mikro.

Pakar digital, Adrian Zakhary menyebut pencapaian satu miliar transaksi Bitcoin ini menandakan keberlanjutan ekosistem Web3.

"Pencapaian satu miliar transaksi oleh jaringan Bitcoin menandai tonggak penting dalam sejarah cryptocurrency, menunjukkan kedewasaan dan keberlanjutan ekosistem ini," ungkap Adrian Zakhary.

Founder MAJA Labs itu mengatakan hal ini juga menunjukkan bukti nyata teknologi blockchian yang telah menjadi kekuatan utama dalam transformasi sistem keuangan global.

"Hal ini juga sebagai bukti nyata bahwa teknologi blockchain telah menjadi kekuatan utama dalam transformasi sistem keuangan global," kata Adrian.

Baca Juga: Pakar Ungkap Blockchain Miliki Sistem yang Aman dan Minim Terjadi Penipuan

Sementara itu, Transaksi harian pada Bitcoin melonjak sekitar acara halving keempat jaringan pada tanggal 20 April, termasuk rekor tertinggi 926.000 transaksi yang diproses pada tanggal 23 April. Sebagian besar permintaan ini datang dari peluncuran protokol Runes, standar token Bitcoin baru di blok 840.000.




BitcoinBitcoin satu miliar transaksiWeb3BlockchainMAJA LabsAdrian Zakhary

Share to: