Sukses Besar, Total Transaksi Dekranas Expo 2024 di Solo Capai Rp 4,3 Miliar

Sukses Besar, Total Transaksi Dekranas Expo 2024 di Solo Capai Rp 4,3 Miliar

Sukses Besar, Total Transaksi Dekranas Expo 2024 di Solo Capai Rp 4,3 Miliar

Penutupan HUT ke-44 Dekranas di Solo (Foto: Istimewa)


Rangkaian acara HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) telah selesai digelar. Adapun acara penutupan digelar di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah pada Sabtu (18/5).

Penutupan HUT ke-44 Dekranas ini pun turut dihadiri sejumlah pejabat, antara lain Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Pj Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Nana Sudjana, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Ketua Panitia Peringatan HUT ke-44 Dekranas Loemongga Agus Gumiwang, Ketua Dekranasda Solo Selvi Ananda, hingga Mangkunegara X dan sejumlah pejabat lainnya.

Baca Juga: Hadir di Dekranas Expo 2024, Iriana Jokowi Beli Batik Walang Kekek Milik Waldjinah

Ketua Panitia Peringatan HUT ke-44 Dekranas Loemongga Agus Gumiwang, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan HUT ke-44 Dekranas berlangsung selama 4 hari mulai 15 hingga 18 Mei 2024 di Kota Solo.

Selama empat hari itu dihadirkan sejumlah kegiatan dimulai dari syukuran, pameran produk unggulan kerajinan binaan kementerian lembaga dekranas dan dekranasda seluruh indonesia, fashion show, parade kriya dan budaya serta penghargaan stan terbaik.

Bahkan parade mobil hias dengan peserta anggota 38 Dekranas Daerah (Dekranasda) provinsi, serta 2.000 pejalan kaki yang mengenakan pakaian adat masing-masing daerah, tercatat dalam rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai Parade Mobil Hias Kriya Dan Budaya Dengan Peserta Terbanyak.

Salah satu kegiatan yang dihadirkan dalam HUT ke-44 Dekranas adalah Dekranas Expo 2024. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Panitia, Loemongga mengatakan ada lebih dari 13.000 pengunjung, dengan nilai transaksi mencapai Rp 4,3 miliar di Dekranas Expo 2024.

“Semoga acara ini memberikan inspirasi dan semangat baru bagi kita semua untuk terus bekerja dalam memajukan industri kerajinan Indonesia. Marilah kita menjaga warisan budaya kita dan mengembangkan kreativitas inovasi dan memastikan produk lokal kita semakin dikenal dan dihargai baik di dalam negeri maupun mancanegara,” kata Loemongga.

Ketua Harian Dekranas, Tri Tito Karnavian mengungkapkan rasa syukurnya, karena seluruh rangkaian acara HUT ke-44 berjalan dengan lancar dan sukses.

“Dengan mengucapkan Alhamdulillah, puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, saya dengan ini menutup Rangkaian Acara HUT ke-44, Expo Produk unggulan Dekranas, dan Dekranasda yang mana tepat berakhir hari ini. Dengan ini, saya menyatakan Acara HUT ke-44 Dekranas dinyatakan resmi ditutup,” ujar Tri Tito Karnavian.

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka saat ditemui wartawan usai menghadiri acara tersebut mengungkapkan rasa puasnya atas terlaksana rangkaian acara HUT ke-44 Dekranas di Kota Solo.

“Cukup baik, ramai, perputaran uangnya juga luar biasa utamanya yang ada di booth-booth. Keterlibatan warga, pawainya juga ramai,” kata Gibran, Sabtu (18/5).

Menurut Gibran, acara Dekranas di Kota Solo membawa dampak bagi perekonomian masyarakat sekitar, tak hanya hotel tetapi juga Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  hingga Ojek Online.

“Bagus-bagus, hotelnya ramai, UMKM nya terlibat semua, seniman yang terlibat, yang kecil-kecil seperti ojol, perias, kepakai semua,” lanjut Gibran.

Dalam penutupan rangkaian HUT ke-44 Dekranas 20204 tersebut juga diumumkan peraih penghargaan stan terbaik dengan enam kategori:

1. Untuk Kategori stan terbaik BUMN, Juara 1 PT Mineral Industri Indonesia, Juara 2 PT Pertamina, Juara 3 Bank Jateng.

2. Kategori stan terbaik Dekranasda Provinsi, Juara 1 Dekranasda Provinsi Sumatra Selatan, Juara 2 Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Juara 3 Dekranasda Provinsi Papua Barat.

3. Kategori stan terbaik Dekranasda Kabupaten/Kota, Juara 1 Dekranasda Kota Solo, Juara 2 Dekranasda Kota Manokwari, Juara 3 Dekranasda Kota Medan.

4. Sedangkan untuk kategori stan terbaik Kementerian/Lembaga, Juara 1 Bank Indonesia, Juara 2 Kementerian Hukum dan HAM, Juara 3 Kementerian Perindustrian.

5. Dan Kategori Swasta Nasional, Juara 1 Danar Hadi, Juara 2 XL Axiata, Juara 3 Ikat Indonesia.

6. Untuk Juara Umum Stan Terbaik ialah Dekranasda Provinsi Sumatra Selatan.

Rangkaian penutupan acara HUT ke-44 Dekranas 2024 di Kota Solo diakhiri dengan penampilan grub band Yovie & Nuno dengan personil Chico Andreas, Ady Julian, Muchamad Ahadiyat, dan Adhira Yudhi Fajar Maulana.

Baca Juga: Ratusan Mobil Hias Kriya dan Budaya Meriahkan HUT Ke-44 Dekranas di Solo

Sejumlah lagu hits yang dibawakan antara lain, Manusia Biasa, Dia Milikku, Janji Suci, Bunga Jiwaku, Tanpa Cinta, Menjaga Hati, dan Sempat Memiliki.




HUT ke-44 Dekranas 2024DekranasDekranas Expo 2024SoloGibran Rakabuming Raka

Share to: