Ratusan Mobil Hias Kriya dan Budaya Meriahkan HUT Ke-44 Dekranas di Solo

Ratusan Mobil Hias Kriya dan Budaya Meriahkan HUT Ke-44 Dekranas di Solo

Ratusan Mobil Hias Kriya dan Budaya Meriahkan HUT Ke-44 Dekranas di Solo

Ratusan Mobil Hias Kriya dan Budaya di HUT Ke-44 Dekranas (Foto: Kuyou)


Sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah kini tengah dipadati ribuan masyarakat yang menyaksikan Parade Mobil Hias, Kriya, dan Budaya.

Adapun parade ini digelar dalam rangka perayaan Ulang Tahun ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) serta peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-52.

Baca Juga: Parade Mobil Hias Kriya dan Budaya Akan Hiasi Perayaan HUT Ke-44 Dekranas di Solo

Ibu Negara, Iriana Joko Widodo terlihat menghadiri parade tersebut. Dirinya didamping sejumlah pengurus Dekranas dan tamu VVIP lainnya.

Dengan menaiki mobil hias Rajamala, Iriana tiba di panggung kehormatan yang berkonsep gerbong kereta api lengkap lokomotif Kereta Uap Sepur Kluthuk Jaladara menyapa masyarakat dengan melambaikan tangan.

Parade Mobil Hias, Kriya, dan Budaya sendiri melibatkan sebanyak 102 mobil hias, 20 kereta kuda atau biolet hias, 80 prajurit Keraton Kasunanan Surakarta. Tak hanya itu, lebih dari 2.000 peserta kirab, termasuk ibu-ibu anggota PKK se-Indonesia berjalan kaki dengan mengenakan pakaian adat masing-masing daerah.Parade mobil hias tersebut tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai Parade Mobil Hias Kriya Dan Budaya Dengan Peserta Terbanyak. Hal ini disampaikan langsung Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas, Endang Budi Karya.

“Waktu itu pernah ada tetapi pesertanya hanya 66. Temanya mobil hias saja, kalau hari ini tema kriya dan budaya,” ungkap Endang Budi Karya kepada wartawan, Rabu (15/5).

Sedangkan untuk rute sendiri, parade akan ditempuh dengan jarak 2,3 KM. Dimulai dari pertigaan depan Stadion Sriwedari, Jalan Slamet Riyadi pukul 14.00 WIB dan akan berakhir di Balai Kota Solo.

Sementara itu, HUT Ke-44 Dekranas 2024 mengambil tema "Tumbuh Bersama Memajukan Budaya Warisan Bangsa", menggandeng 11 kementerian sehingga program pemerintah dapat diaplikasikan kepada para perajin di seluruh Indonesia.

Kota Solo dipilih menjadi tuan rumah perayaan HUT ke-44 Dekranas, karena  mempunyai budaya yang kental serta memiliki fasilitas penunjang yang memadai.

Dalam parade mobil hias tersebut, Kota Solo mendapatkan Juara ke-3, dan disambut gembira oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Solo sekaligus Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Solo, Selvi Ananda.

“Senang tuan rumah dapat bonus juara tiga dari 102 unit mobil hias. Penilaiannya sesuai kriya dan budaya,” jelas Selvi.

Adapun juara pertama diberhasil direbut oleh Papua Pegunungan dan juara kedua direbut oleh Kapuas Hulu.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Bagikan 1.100 Sepatu Brand Lokal ke Anak Sekolah di Solo

Sedangkan untuk Juara Harapan 1 diberikan kepada Papua Selatan, Juara Harapan 2 diberikan kepada Barito Timur, dan Juara Harapan 3 diberikan kepada Nusa Tenggara Barat. Juara Favorit adalah Kalimantan Selatan, serta Juara Umum Sumatra Selatan.




DekranasHUT Ke-44 DekranasParade Mobil HiasSolo

Share to: