Parade Mobil Hias Kriya dan Budaya Akan Hiasi Perayaan HUT Ke-44 Dekranas di Solo

Parade Mobil Hias Kriya dan Budaya Akan Hiasi Perayaan HUT Ke-44 Dekranas di Solo

Parade Mobil Hias Kriya dan Budaya Akan Hiasi Perayaan HUT Ke-44 Dekranas di Solo

Parade Mobil Hias Kriya dan Budaya di HUT Ke-44 Dekranas (Foto: Kuyou)


Parade Mobil Hias, Kriya dan Budaya Dekranas 2024 akan digelar pada 15 Mei hingga 18 Mei 2024 mendatang di Kota Solo.

Parade mobil hias hingga budaya ini juga digelar dalam rangka perayaan ulang tahun ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) serta peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-52.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Bagikan 1.100 Sepatu Brand Lokal ke Anak Sekolah di Solo

Sebanyak 102 mobil hias, 20 kereta kuda atau biolet hias, 80 prajurit Keraton Kasunanan Surakarta, dan lebih dari 1.200 peserta kirab yang berjalan kaki dari ibu-ibu anggota PKK se-Indonesia dengan mengenakan pakaian adat masing-masing daerah akan turut memeriahkan Parade tersebut.

Bahkan, parade mobil hias rencananya akan tercatat di rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai 'Parade Mobil Hias Kriya dan Budaya Terbanyak se-Indonesia' tersebut akan menempuh jarak 2,3 kilometer yang dimulai pukul 14.00 WIB, dengan rute dari pertigaan depan Stadion Sriwedari, Jalan Slamet Riyadi dan finish di Balai Kota Solo.

Selain itu, sepanjang rute parade mobil hias di Jalan Slamet Riyadi turut dimeriahkan dengan lima panggung hiburan dan kesenian.

HUT Ke 44 Dekranas 2024 mengambil tema "Tumbuh Bersama Memajukan Budaya Warisan Bangsa", menggandeng 11 kementerian sehingga program pemerintah dapat diaplikasikan kepada para perajin di seluruh Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut panitia mengundang Ibu Negara, Iriana Widodo dan istri Wakil Presiden, Wurry Ma'ruf Amin

Menurut Ketua Harian Dekranas, Tri Suswati Tito Karnavian, kegiatan peringatan HUT Dekranas di Kota Solo diselenggarakan bersamaan waktunya dengan peringatan HUT ke-52 HKG PKK di Kota Solo dengan alasan penyelenggaraan dua agenda tersebut di satu kota tujuannya untuk efisiensi.

"Kota Solo dipilih sebagai lokasi peringatan HUT ke-44 Dekranas sejak Mei tahun lalu. Tuan rumah acaranya yakni Dekranas Provinsi Jawa Tengah," ujarnya dalam konferensi pers di Lobi Stadion Sriwedari Solo, Jawa Tengah, Minggu (12/5).

Acara ini akan dimulai dengan welcome dinner pada 14 Mei 2024. Kemudian pada 15 Mei 2024, selain syukuran dan pembukaan Expo HUT Dekranas, ada peragaan busana kain Nusantara Plaza Sriwedari, mulai pukul 08.00, sedangkan di siang harinya digelar parade mobil hias di sepanjang Jalan Slamet Riyadi.

Dan untuk malam puncak HKG ke-52 PKK pada 16 Mei 2024 diselenggarakan Taman Balekambang. Sedangkan mulai tanggal 15-18 di Pamedan Mangkunegaran digelar ekspo produk UMKM binaan Dekranas dan Dekranasda diikuti 278 stand UMKM yang merupakan hasil karya peserta dari berbagai kota maupun provinsi di Indonesia serta talkshow dengan narasumber berkompeten di bidangnya.

Baca Juga: Kreasi Batik Hiasi Al-Quran Ukuran Jumbo di Solo

Kemudian pada mulai 15-18 Mei digelar panggung musik di Pamedan Mangkunegaran dimeriahkan oleh Rossa, Judika, Yovie & Nuno, Giring Ganesha, Wizzy, Maliq & D’essentials. Hadir pula bintang ternama Raffi Ahmad, Ayu Dewi, Alfa Bintang Orchestra, dan Eko PC.




Parade Mobil HiasDekranasHUT DekranasSolo

Share to: