Hadir di Dekranas Expo 2024, Iriana Jokowi Beli Batik Walang Kekek Milik Waldjinah

Hadir di Dekranas Expo 2024, Iriana Jokowi Beli Batik Walang Kekek Milik Waldjinah

Hadir di Dekranas Expo 2024, Iriana Jokowi Beli Batik Walang Kekek Milik Waldjinah

Iriana Jokowi Beli Batik Walang Kekek Milik Waldjinah (Foto: Kuyou)


Ibu Negara, Iriana Jokowi menghadiri HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Solo, Kamis (16/5). Iriana turut mampir ke stand-stand kerajinan binaan Dekranas di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah.

Iriana hadir didampingi oleh sejumlah tokoh penting, seperti Ketua Umum Dekranas, Wury Ma’ruf Amin, Ketua Umum TP-PKK Pusat, Tri Tito Karnavian, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Solo Selvi Ananda, serta Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju. 

Baca Juga: Ratusan Mobil Hias Kriya dan Budaya Meriahkan HUT Ke-44 Dekranas di Solo

Iriana pun berkunjung ke stan Dekranasda Medan dan bertemu dengan Ketua Dekranasda Medan, Kahiyang Bobby Nasution. Setelah itu, rombongan Ibu Negara mengunjungi stan Dekranasda Solo.

Di stan Dekranasda Solo, Iriana Jokowi dan Wury Ma’ruf Amin disambut menantu maestro keroncong Waljinah, Ester Wulandari yang memperkenalkan Batik Walang Kekek.

Usai melihat-lihat koleksi Batik Walang Kekek, rombongan Ibu Negara terlihat membeli lima kain batik. Sedangkan Iriana Jokowi sendiri membeli kain batik bercorak mitologi Yunani.

“Ibu Iriana memilih batik bercorak mitologi Yunani,” kata Ester Wulandari.

Sebagai informasi, Batik Walang Kekek adalah usaha batik dari maestro Keroncong, asal Solo, Waldjinah. Walang Kekek merupakan salah satu lagu keroncong yang sangat terkenal di tahun 1969, dinyanyikan oleh Waldjinah.

Tak hanya belanja produk-produk dari stan Dekranasda Medan dan Dekranasda Solo,  istri Presiden Jokowi ini juga belanja berbagai hasil kerajinan tangan dari stan-stan  Dekranasda Provinsi Bali, Dekranasda Bangka Belitung, Dekranasda Jambi, Dekranasda Papua, dan sejumlah stan Dekrasnada lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, ibu-ibu anggota OASE yang mendampingi Ibu Negara juga berbelanja aneka produk di stan sejumlah Dekranasda.

Ketua Dekranasda Solo, Selvi Ananda mengatakan bahwa banyak yang dibeli Ibu Negara di Dekranas Expo 2024, antara lain kain tradisional seperti batik, songket dan tenun hingga perhiasan, tas serta sejumlah makanan.

“Ibu Iriana membeli banyak ya, ada kain-kain, kerajinan seperti perhiasan dan tas," ungkap Selvi.

Selvi juga mengungkap bahwa dirinya membeli kain batik khas Bali, Batik Gedog Tuban, dan aneka aksesoris.

"Semuanya sama-sama borong karena ini kan produk kerajinan kriya terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia,” jelas dia.

Ketua Panitia Pelaksana Peringatan HUT ke-44 Dekranas 2024, Loemongga Agus Gumiwang, mengatakan, para peserta Dekranas Expo 2024 telah melewati kurasi oleh Tim Dekranas sehingga produk yang dipamerkan merupakan produk-produk pilihan dan terbaik.

"Yang hadir di sini, sebagai peserta itu sudah terkurasi dengan dengan tim kurasi. Jadinya semua itu pilihan binaan masing-masing Dekranasda Provinsi, jadi memang bagus-bagus sekali produknya,” jelas Loemongga Agus Gumiwang.

Expo yang memamerkan berbagai produk dan kerajinan unggulan mulai  dari wastra, pakaian, aksesoris, hingga makanan dari setiap provinsi tersebut, berlangsung selama empat hari, Rabu-Sabtu, 15-18 Mei 2024.

Baca Juga: Parade Mobil Hias Kriya dan Budaya Akan Hiasi Perayaan HUT Ke-44 Dekranas di Solo

Tak hanya expo produk dan kerajinan unggulan, kegiatan peringatan HUT ke-44 Dekranas 2024, juga dimeriahkan dengan panggung hiburan yang diisi oleh sejumlah artis, antara lain Rossa, Judika, Yovie & Nuno, Giring Ganesha, Wizzy, Maliq & D’essentials. Hadir pula bintang ternama Raffi Ahmad, Ayu Dewi, Alfa Bintang Orchestra, dan Eko PC.




HUT ke-44 Dekranas 2024DekranasDekranas Expo 2024SoloBatik Walang KekekWaldjinahIriana Jokowi

Share to: