Deretan Fitur Baru iOS 18, Makin Mirip Android?

Deretan Fitur Baru iOS 18, Makin Mirip Android?

Deretan Fitur Baru iOS 18, Makin Mirip Android?

Deretan Fitur Baru iOS 18 (Foto: Istimewa)


Apple telah meluncurkan sistem operasi iOS 18 dalam gelaran WWDC 2024 di Apple Park, Cupertino, AS.

Namun, beberapa fitur baru di iOS 18 dianggap mirip dengan fitur yang sudah ada di sistem Android. 

Baca Juga: Hadirkan Sensasi Berbeda, Spotify Rilis Fitur Music Videos Bagi Pengguna

Nah, buat kamu yang penasaran apa saja fitur baru iOS 18, yuk simak penjelasannya di bawah sini.

Custom Home Screen

Melalui iOS 18, semua ikon pada home screen bisa dipindahkan dengan posisi yang lebih nyaman bagi masing-masing pengguna.

Selain itu, pengguna juga bisa mengubah nuansa warna pada ikon aplikasi, baik itu terang, dark mode, bahkan dominasi pada satu warna tertentu. Ukuran ikon pada home screen juga bisa diatur sesuai selera.

Custom Control Center

Pengguna kini bisa memodifikasi Control Center melalui fitur penyetelan terbaru. Pengembang aplikasi juga bisa menghadirkan tool untuk aplikasi mereka di Control Center.

Kunci atau Sembunyikan Aplikasi

Pengguna bisa mengunci tiap aplikasi dengan sistem otentikasi. Selain itu, informasi tertentu bisa disembunyikan dari Search dan Siri.

Tampilan Galeri

Pengguna akan melihat tampilan grid foto pada bagian atas aplikasi dan folder yang diatur sesuai tema pada bagian bawah aplikasi.

Pengguna bisa menyortir konten visual berdasarkan bulan dan tahun. Ada juga tombol filter untuk menyembunyikan screenshot pada aplikasi.

Ada juga bagian collections yang memungkinkan pencarian foto sesuai beberapa topik, seperti waktu, orang, memori, perjalanan, dan sebagainya.

Mode Game

Untuk pertama kalinya, Apple juga menghadirkan Game Mode khusus di iPhone. Fitur ini memungkinkan iPhone meminimalisir aktivitas background untuk meningkatkan frame rates ketika bermain game.

Pesan

Tampilan aplikasi Messages dirombak dengan nuansa yang lebih segar. Pengguna juga kini bisa merespons dengan emoji.

Fitur lainnya adalah menjadwalkan pesan tertentu, mengubah format teks (bold, italic, underline, strikethrough). Selain itu, pengguna bisa meng-highlight kata atau frasa dan menggantinya dengan rekomendasi lain.

Koneksi Satelit

iOS 18 juga kini sudah mendukung RCS. Fitur ini sebelumnya sudah ada di HP Android. Dengan RCS, pengguna iPhone bisa mengirim melalui satelit tanpa harus mengaktifkan layanan seluler atau terhubung dengan WiFi.

Mail

Pengguna iPhone bisa membuat kategori pesan dan memprioritaskan pesan di Mail pada iOS 18.

Maps Topografi

Pengguna bisa mengetahui rute pendakian di Maps. Hal ini dimungkinkan tersedianya peta topografi yang lebih akurat dan tampak sesuai kondisi asli suatu area.

Baca Juga: Instagram Bakal Hapus Fitur Flipside Mei 2024

Sebagai informasi, iOS 18 versi beta sudah tersedia untuk anggota Apple Developer Program. Namun, versi publiknya akan tersedia dalam beberapa saat ke depan.




iOS 18Fitur baru iOS 18iOS 18 mirip Android

Share to: