Ingin Dapat Pahala Saat Idul Adha? Yuk Jalani Amalan-amalan Ini!

Ingin Dapat Pahala Saat Idul Adha? Yuk Jalani Amalan-amalan Ini!

Ingin Dapat Pahala Saat Idul Adha? Yuk Jalani Amalan-amalan Ini!

Amalan Sunnah yang Bisa Dapat Pahala Saat Idul Adha (Foto: Istimewa)


Pada Senin, 17 Juni 2024 seluruh umat muslim di Indonesia akan merayakan hari raya Idul Adha 1445 H.

Dalam kepercayaan Islam, Idul Adha menjadi peringatan atas ketaatan Nabi Ibrahim dalam menjalankan perintah Allah SWT. Kala itu, Nabi Ibrahim diperintahkan untuk menyembelih Nabi Ismail yang merupakan anaknya. Namun, Allah SWT segera menggantikannya dengan seekor domba putih.

Maka dari itu, setiap Idul Adha akan dilakukan penyembelihan hewan kurban, seperti Sapi, Kambing maupun Domba. Dan juga bagi para umat muslim yang mampu, dianjurkan untuk menunaikan ibadah Haji.

Baca Juga: Kumpulan Resep Minuman Seger Cocok Dibuat di Hari Raya Idul Adha

Selain itu, ada pula beberapa amalan-amalan sunah yang bisa dikerjakan pada Hari Raya Idul Adha, yang tentunya bisa mendapatkan pahala dan rida Allah SWT. Apa saja amalan-amalan itu? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Tidak Makan Sebelum Salat Id

Para ulama sepakat bahwa orang yang berkurban di Hari Raya Idul Adha disunahkan untuk menunda makan sebelum melaksanakan salat Id.

2. Mengumandangkan Takbir

Takbir disunahkan untuk dikumandangkan pada Idul Adha. Waktu pelaksanaan takbir dimulai dari terbenamnya matahari hingga imam naik ke mimbar untuk berkhotbah pada Hari Raya Idul Adha. Takbir terus berlanjut hingga tanggal 13 Zulhijah atau berakhirnya hari tasyrik.

Takbir yang berkumandang menandakan bentuk mengagungkan, memuliakan, serta menghidupkan malam Idul Adha.

Sebagian ulama turut menambahkan bahwa kumandangnya takbir dilakukan bersamaan dengan ibadah pada malam hari raya. Ibadah tersebut mencakup salat magrib dan isya berjamaah yang dilanjutkan dengan melaksanakan salat subuh berjamaah.

3. Mandi Sebelum Salat Id

Kesunnahan mandi ditujukan untuk laki-laki dan perempuan, baik wanita yang akan berangkat melaksanakan salat id atau yang terhalang uzur syar'i sehingga tidak bisa mengikuti salat id. Sebab, mandi bertujuan untuk menyucikan diri dari bau tidak sedap dan membersihkan anggota badan.

4. Memakai Pakaian Rapih dan Wewangian

Umat muslim turut dianjurkan untuk mengenakan pakaian terbaik yang bersih dan suci, tetapi tidak berlebihan. Bagi sebagian ulama, memakai pakaian putih dan serban lebih diutamakan.

Selain itu, disunnahkan pula untuk memakai wangi-wangian, memotong rambut dan kuku, serta menghilangkan bau tak sedap. Amalan tersebut dilakukan untuk memperoleh keutamaan Hari Raya Idul Adha.

5. Berjalan Kaki Menuju Masjid

Berjalan kaki menuju masjid atau tempat pelaksanaan salat id sangat dianjurkan. Dengan berjalan kaki, umat muslim bisa saling bertegur sapa dan bersalam-salaman. Meski begitu, seseorang yang telah berumur atau tidak mampu berjalan tetap diperbolehkan untuk menggunakan kendaraan.

Selain itu, dianjurkan pula untuk berangkat lebih awal agar mendapat saf terdepan. Sembari menunggu dimulainya salat id, jemaah bisa bertakbir secara bersama-sama.




Idul AdhaIdul Adha 1445 HAmalan sunnah Idul Adha

Share to:



Modal Video 01