Profil Titarubi, Seniman Wanita yang Pamerkan Karya di ARTJOG 2024

Profil Titarubi, Seniman Wanita yang Pamerkan Karya di ARTJOG 2024

Profil Titarubi, Seniman Wanita yang Pamerkan Karya di ARTJOG 2024

Profil Titarubi, Pamerkan Karya di ARTJOG 2024 (Foto: Istimewa)


Di tengah gemerlapnya dunia seni rupa kontemporer Indonesia, nama Titarubi semakin bersinar sebagai salah satu seniman wanita yang berhasil menarik perhatian publik dan kritikus seni.

Di tahun 2024, Titarubi kembali menunjukkan eksistensinya dengan memamerkan karyanya di ajang bergengsi ARTJOG 2024. Berikut profil dan perjalanan karier dari seniman berbakat ini.

Baca Juga: Profil Agus Suwage, Seniman Komisi yang Tampil di ARTJOG 2024

Profil Titarubi

Pemilik nama lengkap Rubiati Puspitasari ini merupakan seorang seniman wanita Indonesia yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Seniman yang memiliki nama panggung Titarubi ini lahir pada 15 Desember 1968, yang berarti kini ia berusia 56 tahun.

Awal Karir dan Pendidikan

Latar belakang pendidikannya di Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB) memperkaya pemahaman dan tekniknya dalam berkarya. Titarubi dikenal sebagai seniman yang selalu mengeksplorasi tema-tema sosial, budaya, dan politik dalam karyanya.

Titarubi mulai berpameran tahun 1988, sejak masih di bangku kuliah dan pada tahun 2008 mendirikan Indonesia Contemporary Art Network (iCAN) bersama dengan Enin Supriyanto.

Karya Titarubi

Karya-karyanya telah dipamerkan di Paviliun Indonesia di Venice Biennale 2013, Singapore Arts Museum, ZKM Center for Art and Media di Jerman, National Gallery of Singapore, Singapore Biennale, Museum and Art Gallery of the Northern Territory of Australia, Busan Biennale Sculpture Project di Korea Selatan, Museo d'arte contemporanea di Italia dan banyak tempat lainnya.

Salah satu karya yang paling terkenal adalah instalasi berbentuk kapal besar yang terbuat dari ribuan buku, menggambarkan perjalanan sejarah dan pengetahuan manusia.

Pengaruh dan Inspirasi

Inspirasi Titarubi sering kali berasal dari isu-isu sosial dan sejarah. Ia terinspirasi oleh perjuangan perempuan, ketidakadilan sosial, serta dinamika budaya yang terus berubah. Karya-karyanya tidak hanya dipandang sebagai ekspresi artistik, tetapi juga sebagai bentuk aktivisme yang menyuarakan keadilan dan kemanusiaan.

Ia juga aktif dalam berbagai proyek seni komunitas, berkontribusi dalam mengembangkan seni rupa di kalangan generasi muda.

Pamerkan Karya di ARTJOG 2024

Di ARTJOG 2024, Titarubi diundang untuk menjadi seniman komisi yang merespon tema utama ARTJOG 2024, Motif: Ramalan.

Baca Juga: Kolaborasi MAJA Tech x Kuyou di ARTJOG 2024: Komitmen untuk Seni Rupa Indonesia

Dalam karyanya, Titarubi menumbuhkan berbagai jenis padi yang diiringi rekaman doa, pepatah, dan pujian dari kelompok masyarakat adat yang dapat didengarkan di beberapa ruangan.




ARTJOG 2024Seniman komisi ARTJOG 2024TitarubiProfil TitarubiKarir TitarubiKarya TitarubiTitarubi ARTJOG 2024

Share to: