Bike For yOU 2024: Gowes Bersama Selamatkan Orangutan dari Ambang Kepunahan

Bike For yOU 2024: Gowes Bersama Selamatkan Orangutan dari Ambang Kepunahan

Bike For yOU 2024: Gowes Bersama Selamatkan Orangutan dari Ambang Kepunahan

Bike For yOU 2024 di CFD Jakarta (Foto: Siaran Pers)


Acara Bike For yOU 2024 digelar di kawasan CFD Jalan Jend. Soedirman Jakarta, Minggu (25/8).

Acara Bike For yOU ini digelar oleh organisasi Satya Bumi, bersama komunitas sepeda jurnalis Chemonk dan komitas Kamerawan Jurnalis Indonesia (KJI) untuk mengkampanyekan mendorong masyarakat mengambil tindakan ikut serta dalam melestarikan spesies Orangutan yang populasinya semakin kritis.

Baca Juga: Ikan Pari Jawa Punah, Disebut Akibat Ulah Manusia

Selain itu, acara Bike For yOU 2024 ini juga digelar untuk memperingati Hari Orangutan Sedunia yang jatuh pada tanggal 19 Agustus kemarin.

Tiga jenis spesies Orangutan yang ada di Indonesia; Orangutan Kalimantan, Orangutan Sumatra dan Orangutan Tapanuli, tidak lepas dari berbagai ancaman mulai dari perburuan oleh manusia, kekerasan akibat dianggap hama, hingga eskalasi aktivitas pertambangan dan deforestasi yang menghancurkan habitat orangutan.

IUCN (International Union for Conservation of Nature) telah menyatakan Orangutan merupakan spesies yang dikategorikan terancam punah. Di Indonesia Spesies Orangutan juga telah dikategorikan sebagai satwa yang dilindungi berdasarkan PermenLHK Nomor 106 tahun 2018.

“Perlindungan satwa, khususnya orangutan menjadi urgensi amat penting bagi keberlangsungan keanekaragaman hayati alam Indonesia,” tegas Direktur Eksekutif Andi Muttaqien dalam siaran pers yang diterima Kuyou, Senin (26/8).

“Mari kita jaga hutan, jaga orangutan, dan jaga keanekaragaman hayati. Karena menjaga mereka sama saja menyelamatkan lingkungan untuk masa depan kita sendiri. Dan cara terbaik melindungi populasi orangutan adalah dengan menjaga habitatnya, dan itu adalah hutan,” lanjut Andi.

Baca Juga: Badak Jawa di Ujung Kulon Terancam Punah, Auriga Nusantara Sebut Adanya Salah kaprah dalam Pengelolaan

Dalam kampanye Bike For yOU 2024 bertajuk Love for Orangutan: Jaga orangutan jaga Kehidupan ini, ratusan pesepeda menggunakan topeng Orangutan sebagai bentuk dukungan mereka terhadap kelestarian Orangutan.




Bike For yOUOrangutanPelestarian OrangutanOrangutan terancam punahHari Orangutan sedunia

Share to:



Modal Video 01