Album ke-12 Akan Jadi Rilisan Terakhir Coldplay, Bakal Bubar?

Album ke-12 Akan Jadi Rilisan Terakhir Coldplay, Bakal Bubar?

Album ke-12 Akan Jadi Rilisan Terakhir Coldplay, Bakal Bubar?

Coldplay (Foto: Instagram @coldplay)


Chris Martin mengatakan Coldplay hanya akan membuat dua album lagi setelah merilis Moon Music, album ke-10 band tersebut, pada 4 Oktober. Ia mengungkapkan Coldplay berencana cuma merilis 12 album dalam kariernya.

Hal tersebut diputuskan dengan memikirkan banyak pertimbangan. Menurutnya, baik bagi Coldplay untuk memiliki sebuah batasan.

Baca Juga: Coldplay Siap Rilis Album dan Single Baru Oktober 2024

"Kami hanya akan membuat 12 album yang layak dan itu benar. Ya, saya janji," kata Martin dalam sebuah wawancara dengan Zane Lowe dari Apple Music seperti diberitakan Variety, Senin (30/9).

"Karena lebih sedikit lebih baik, dan bagi sebagian kritikus kami, lebih sedikit akan lebih baik lagi! Sangat penting bagi kami untuk memiliki batasan itu."

Ia kemudian merujuk kepada beberapa jenis karya yang hanya berjumlah 12 atau adanya batasan secara keseluruhan. Batasan diyakini memastikan kontrol kualitas terhadap karya yang dihasilkan.

"Hanya ada tujuh [buku] Harry Potter. Hanya ada 12,5 album Beatles, jumlah yang sama untuk Bob Marley, jadi semua pahlawan kami," sebut Chris Martin.

"Selain itu, adanya batasan itu berarti kontrol kualitas sangat tinggi saat ini, dan untuk sebuah lagu agar berhasil, itu hampir mustahil, yang merupakan hal yang hebat."

Alasan lain yang disebut mendasari Coldplay hanya bakal punya 12 album adalah begitu banyak orang yang perlu dilibatkan untuk menciptakan sebuah proyek hebat.

Di sisi lain, Chris Martin ingin orang-orang yang berada dalam timnya waktu untuk hidup mereka sendiri dan yang lain.

"Saya tidak ingin ketika kami 60 tahun berkata, 'Will [Champion] kami membutuhkanmu. Ayo! Kita bisa melakukan yang lebih baik dari ini!'"

Chris Martin menyatakan membatasi perilisan album bukan berarti Coldplay pensiun. Ia memastikan band asal Inggris tersebut bakal terus bermusik meski nantinya sudah merilis 12 album seperti yang sudah direncanakan.

Baca Juga: Indonesia Ada di Urutan Terakhir dalam Persentase Pengembalian Xyloband Coldplay

Ia pun belum mengungkapkan target atau rencana perilisan album ke-11 dan ke-12 Coldplay.




Chris MartinColdplay

Share to:



Modal Video 01