Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita Resmi Menjabat Rektor Unpad 2024-2029

Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita Resmi Menjabat Rektor Unpad 2024-2029

Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita Resmi Menjabat Rektor Unpad 2024-2029

Founder & CEO MAJA Labs Adrian Zakhary hadiri pelantikan Arief Sjamsulaksan Kartasasmita sebagai Rektor Unpad 2024-2029. (Foto: Istimewa)


Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, dr.,Sp.M(K).,M.Kes.,Ph.D resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung di Grha Sanusi Hardjadinata, Senin 7 Oktober 2024 pagi.

Dirinya resmi menjabat Rektor Unpad ke-12 men gantikan Prof. Dr. Rina Indiastuti. Penetapan ini dilakukan dalam Pleno terbuka  Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Padjadjaran.

"Menetapkan dan mengangkat Prof. Dr. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita SP.M (K)., M.Kes., Ph.D sebagai Rektor Unpad 2024-2029," kata Wakil Ketua MWA Unpad, Arry Bainus, dalam Rapat Pleno MWA yang disiarkan di kanal YouTube Unpad, Senin, 7 Oktober 2024.

Dengan demikian berakhir tugas Prof. Dr. Rina Indiastuti sebagai rektor Unpad. Ucapan terimakasih ikut mengiringi akhir masa jabatannya, yang telah mengabdi dan mendedikasikan diri untuk memajukan Unpad.

Baca juga: Kupas Tuntas Sosok S Soedjojono di Art Jakarta 2024: Bapak Seni Lukis Modern Indonesia

Sebelumnya dirinya terpilih secara aklamasi dalam Rapat Pleno Tertutup Majelis Wali Amanat Universitas Padjadjaran yang digelar di Pullman Bandung Grand Central, Bandung, Kamis (4/7/2024).

Menjabat sebagai Rektor Unpad menggantikan Prof Rina ternyata jadi tantangan tersendiri bagi Prof. Arief. Apalagi ada tiga target kerja utama pada masa jabatannya (2024-2029).

Di antaranya meningkatkan tingkat internasional Unpad menjadi 300 besar dunia secara internasional, peningkatan pendapatan Unpad menjadi Rp3 triliun, dan meningkatkan remunerasi Rp3 triliun per tahun dengan meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik dengan sistem pay by performance.

Tiga target Utama tersebut nantinya akan terus dilakukan evaluasi setiap tahunnya oleh MWA. Dirinya mengaku optimis dan yakin bisa mengemban Amanah dengan baik, dan serius mengoptimalkan kinerja Unpad menjadi lebih baik.

"Saya ini sudah kedua kali gantikan Prof Rina, sebagai Wakil Rektor Bagian Keuangan pada tahun 2016 dan menjadi Rektor Unpad tahun 2024. Hal ini ibarat dua sisi mata uang, biasanya kalau sudah diurus Prof Rina itu sudah beres dan saya enak, tinggal melanjutkan. Tapi standarnya jadi tinggi, jadi ibarat ada sepatu sangat besar yang harus saya kenakan dalam lima tahun ke depan. Tapi Insyaallah ini akan membawa Unpad menjadi lebih baik," harap Arief.

Baca juga: Jason Ranti Bersama Adrian Zakhary Saksikan Kolaborasi Seni Jejeman x MAJA Labs di Art Jakarta 2024

Selain itu, dirinya berusaha maksimal agar Unpad bisa menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan juga dunia. Menurutnya mewujudkan world class university tidak hanya bisa rangking tapi juga peran universitas berkontribusi untuk bangsa, menghasilkan lulusan terbaik menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Saya berharap hari ini awal yang baik untuk kita semua. Sebagai universitas kita tidak hanya dituntut menghasilkan lulusan berkualitas dan ilmu yang bermanfaat, tapi juga kontribusi bagi seluruh masyarakat atas adanya keberadaan Unpad di tingkat nasional," ujar Arief.

Dalam acara tersebut, turut hadir beberapa tokoh penting tingkat nasional dan Provinsi Jawa Barat. Salah satunya Ketua Kadin Indonesia yang sekaligus menjadi anggota MWA, Arsjad Rasjid. Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin juga ikut hadir dalam pelantikan tersebut. Selain itu, Founder & CEO MAJA Labs Adrian Zakhary juga hadir memberikan selamat kepada Prof. Dr. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita atas Amanah barunya sebagai Rektor Unpad 2024-2029. 




Arief Sjamsulaksan KartasasmitaRektor Unpad 2024Universitas PadjadjaranUnpad

Share to:



Modal Video 01