Biodata dan Profil Sjafrie Sjamsoeddin: Umur, Karier dan Kekayaan, Menteri Tertua di Kabinet Merah Putih

Biodata dan Profil Sjafrie Sjamsoeddin: Umur, Karier dan Kekayaan, Menteri Tertua di Kabinet Merah Putih

Biodata dan Profil Sjafrie Sjamsoeddin: Umur, Karier dan Kekayaan, Menteri Tertua di Kabinet Merah Putih

Biodata dan Profil Sjafrie Sjamsoeddin (Foto: Instagram @kemhanri)


Sjafrie Sjamsoeddin adalah sosok Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran periode 2024-2029.

Sjafrie Sjamsoeddin juga merupakan menteri tertua di Kabinet Merah Putih. Meski begitu, pengalamannya di bidang militer tak perlu diragukan lagi.

Baca Juga: Biodata dan Profil Sugiono: Umur, Agama dan Karier, 'Tangan Kanan' Prabowo Jadi Menlu

Seperti apa sosoknya? Berikut adalah biodata dan profil Sjafrie Sjamsoeddin lengkap umur, karier dan kekayaannya.

1. Profil dan Kekayaan Sjafrie Sjamsoeddin

Sjafrie Sjamsoeddin lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 30 Oktober 1952. Umur Sjafrie Sjamsoeddin saat ini adalah 71 tahun dan akan menjadi 72 tahun pada 30 Oktober. Sementara agama Islam menjadi agama yang ia anut.

Melansir laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara elektronik (e-LHKPN) KPK, Sjafrie Sjamsoeddin terakhir melaporkan harta kekayaannya pada 1 Mei 2014 saat masih menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan periode 2009-2014. 

Total kekayaan Sjafrie Sjamsoeddin yang dilaporkan tercatat sebesar Rp23.677.700.644.

2. Karier Sjafrie Sjamsoeddin

Sjafrie merupakan lulusan Akademi Militer (1974) dan berasal dari kecabangan Infanteri (Kopassus).

Salah satu jabatan awal pentingnya adalah sebagai Komandan Grup 3 Kopassus, pasukan khusus yang terkenal karena tugas-tugas intelijen dan antiterorisme. Di Kopassus, ia mengembangkan reputasi sebagai perwira yang cakap dalam operasi militer rahasia.

Pada tahun 1990-an, Sjafrie memegang peran penting dalam penanganan operasi militer di Timor Timur, termasuk sebagai bagian dari Komando Daerah Militer (Kodam) IX/Udayana. Keterlibatannya dalam konflik di Timor Timur saat itu membuatnya menjadi salah satu tokoh kunci militer dalam operasi yang berlangsung di sana.

Sjafrie Sjamsoeddin kemudian beralih ke posisi penting dalam intelijen militer. Ia menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta, serta beberapa posisi strategis lainnya yang berkaitan dengan keamanan nasional.

Pada 2005, ia diangkat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan, posisi yang memberinya pengaruh besar dalam kebijakan pertahanan nasional.

Ia diangkat sebagai Wakil Menteri Pertahanan Indonesia pada tahun 2010 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

3. Peran Sjafrie di Reformasi 1998

Salah satu momen penting dalam kariernya adalah pada masa reformasi 1998, di mana Sjafrie menjabat sebagai Komandan Garnisun I/Jakarta.

Ia memiliki peran kunci dalam menjaga stabilitas ibu kota saat demonstrasi besar-besaran yang menuntut reformasi politik dan lengsernya Presiden Soeharto.

4. Menteri Tertua di Kabinet Merah Putih

Pada Minggu (20/10), Presiden Prabowo Subianto mengangkat Sjafrie Sjamsoeddin untuk menjadi Menteri Pertahanan menggantikan dirinya sendiri. Dengan begitu, Sjafrie Sjamsoeddin menjadi menteri tertua di Kabinet Merah Putih.

Baca Juga: Biodata dan Profil Tito Karnavian, Jabat Menteri Dalam Negeri Dua Periode

5. Biodata Sjafrie Sjamsoeddin

Nama lengkap:Sjafrie Sjamsoeddin
Kota asal:Makassar, Sulawesi Selatan
Tanggal lahir:30 Oktober 1952
Umur:72 tahun (30 Oktober 2024)
Agama:Islam
Istri:Etty Sudiyati
Anak:2
Pendidikan:AKABRI (1974), Institut Manajemen Bisnis Indonesia (MBA), Universitas Pertahanan Indonesia (Dr)
Profesi:Menteri
Akun Instagram:

@sjafrie_sjamsoeddin




Sjafrie SjamsoeddinBiodata Sjafrie SjamsoeddinProfil Sjafrie SjamsoeddinKarier Sjafrie SjamsoeddinUmur Sjafrie SjamsoeddinSjafrie Sjamsoeddin 1998Menteri PertahananMenteri tertua Kabinet Merah PutihKekayaan Sjafrie Sjamsoeddin

Share to:



Modal Video 01